Advertisement

Setelah Susu Almond, Kini Mulai Populer Susu Kacang Tanah

Newswire
Jum'at, 06 April 2018 - 08:35 WIB
Maya Herawati
Setelah Susu Almond, Kini Mulai Populer Susu Kacang Tanah Produk susu kacang yang beredar di Eropa. - Facebook/Elmhurst

Advertisement

Harianjogja.com, LONDON-Susu berbahan dasar nabati selama ini sangat populer sebagai alternatif pengganti susu hewani. Ada susu kedelai, susu beras atau tajin, susu oat dan susu almond. Belakangan satu lagi bahan nabati yang mulai populer digunakan untuk susu yaitu kacang tanah.

Susu nabati banyak dipilih karena dianggap lebih lezat dan lebih menyehatkan dibanding susu hewani. Memang, belum ada penelitian apakah susu nabati lebih menguntungkan bagi tubuh dan lebih rendah risikonya, namun penyukanya terus bertambah.

Seperti dilansir Metro, pada penelitian terhadap konsumen susu berbahan dasar nabati di Amerika Serikat dalam kurun waktu 2010 hingga 2015, didapati penyuka susu almond lebih banyak 250% dibanding konsumen susu kedelai.

Kini susu kacang tanah, yang belum terlalu familier didengar, mulai banyak diproduksi. Selama ini kita tahu kacang tanah lazim dipakai sebagai bahan dasar selai. Namun, belum lama ini produsen susu nabati asal Amerika Serikat, Elmhursh Plant-Based Milks, memperkenalkan Milked Peanuts (susu kacang tanah) dalam produk unggulan mereka.  

Produsen ini mengklaim susu kacang tanah mengandung sejumlah nutrisi di antaranya tembaga, mangan, vitamin B3, folat, biotin, vitamin E, protein dan fosfor. Kacang tanah diketahui mengandung kalori tinggi yaitu sekitar 207 kcals per 36 gram, tetapi rendah GI alias makanan berenergi yang rendah pelepasan.

Kacang tanah juga kaya akan lemak tak jenuh yang penting untuk menjaga kesehatan jantung dan kaya akan antioksidan yang biasanya terkandung dalam buah-buahan. Dalam sebuah studi di Universitas Florida, Amerika Serikat, kacang tanah mengandung lebih banyak antioksidan dibanding wortel dan buah bit.

Seperti dilansir Guardian, susu kacang tanah memang cukup lezat namun tidak cocok jika diminum dalam suhu normal air minum (suhu ruang) apalagi dalam keadaan hangat seperti susu sapi. Susu kacang tanah disebutkan hanya cocok jika diminum dalam keadaan dingin. Susu kacang sebaiknya hanya disimpan dalam lemari es.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Newswire

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement