Advertisement

MITOS PENERBANGAN: Benarkah Tidak Ada Kursi Pesawat Nomor 13?

Nugroho Nurcahyo
Sabtu, 07 April 2018 - 19:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
MITOS PENERBANGAN: Benarkah Tidak Ada Kursi Pesawat Nomor 13? Ilustrasi kabin pesawat - travel.aol.co.uk

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Anda sering bepergian dengan pesawat terbang. Sering mendengar dari beberapa orang meyakini hal-hal aneh dan kadang tak masuk akal soal penerbangan? 

Banyak mitos-mitos berkembang dalam dunia penerbangan yang seringkali dipercaya orang awam. Misalnya, adanya semprotan di sekitar sayap pesawat saat hendak mendarat, pertanda pesawat sedang membuang bahan bakar. Atau jus tomat yang katanya berasa lebih enak di ketinggian. Nah, berikut ini sejumlah jawaban yang dikutip dari travel.aol.co.uk seputar mitos-mitos itu:

Advertisement

 

1. Maskapai penerbangan sengaja overbook

Benar! Hal ini sebenarnya sangat umum dalam dunia penerbangan, sebab overbook adalah aturan, bukan pengecualian, karena adanya kemungkinan sejumlah penumpang tidak datang saat penerbangan. Tergantung aturan masing-masing otoritas di suatu negara, penerbangan tak ingin terbang dengan masih memiliki kursi kosong dengan pemindahbukuan sejumlah kursi.

 

2.Jus tomat rasanya lebih nikmat di ketinggian

  

Benar! Tekanan rendah di kabin pesawat tidak mempengaruhi rasa makanan dan minuman. Banyak jus tomat diminum di atas awan di banding di daratan!

  

3. Pesawat membuang bahan bakar sebelum mendarat

Salah! Pilot hanya membuang bahan bakar sebelum mendarat dalam kasus darurat, dan harus meminta izin dari Air Traffic Control (ATC) sebelum melakukannya.

 

4. Maskapai mengurangi kandungan oksigen untuk menenangkan penumpang

Salah! Ketika menjelajah di ketinggian pesawat benar-benar meningkatkan kandungan oksigen. Jika kekurangan oksigen, bisa-bisa penumpang keracunan karbondioksida hasil pembakaran saat proses respirasi para penumpang.

 

5. Ada pembatasan tinggi dan berat badan tertentu untuk menjadi awak kabin

Benar! Karena alasan praktis dan yang terkait keselamatan, awak pesawat harus memenuhi kriteria tinggi dan berat badan tertentu. Sejumlah penerbangan juga memiliki syarat kesehatan pandangan mata juga.

 

6.Tidak terdapat angka 13 dan 17 di deretan kursi pesawat

  

Benar! Untuk membuat penumpang pesawat yang meyakini takhayul tetap tenang selama terbang, sejumlah maskapai penerbangan sengaja tidak memiliki deretan 13 atau baris 17 dalam tata letak tempat duduk.

 

7. Pesawat akan dipaksa segera mendarat jika tersambar petir & gagal mesin

Salah! Pesawat terbang sering disambar petir. Namun ini tidak berarti mereka dipaksa mendarat. Semua pesawat menjalani tes ketat sebelum diizinkan terbang dan bahkan dalam kasus kegagalan mesin, pesawat belum tentu akan dipaksa segera mendarat.

 

8. Pesawat sering buang isi toilet selama penerbangan

Salah! Ini adalah salah satu rumor paling tua, tapi telah menjadi mitos. Isi toilet di pesawat disimpan dalam tangki dan hanya dikosongkan pada akhir penerbangan, setelah pesawat mendarat.

 

9. Penumpang berat badan berlebihan harus membeli dua kursi

Benar! Untuk alasan keamanan, penumpang yang mengalami kelebihan berat badan diharuskan membeli dua kursi dalam penerbangan tertentu, tetapi sangat jarang penumpang tersebut juga harus membayar dua kali pajak dan biaya tambahan lainnya untuk kedua kursi yang ia beli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : travel.aol.co.uk

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement