Simpan Daging di Kulkas Jangan Terlalu Lama, Perhatikan Waktu Idealnya

Ilustrasi daging - Reuters
10 April 2018 10:35 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, LONDON-Menyimpan daging sapi atau ayam di lemari pendingin ada waktu ideal agar kulitas daging terjaga. Jika terlalu lama disimpan, meski dalam keadaan dingin, kualitasnya tetap bisa menurun.

Tak hanya itu, ada cara yang baik untuk menjaga kualitas daging dalam lemari pendingin. Tidak bisa sembarangan, sekadar diletakkan di wadah plastik.

Menurut laporan United States Department of Agriculture (USDA), cara terbaik untuk menyimpan daging ayam dikulkas adalah dengan menggunakan zip-bag atau wadah plastik khusus.

Sebelum memasukkan daging ke dalam freezer, tulislah tanggal penyimpanan pada bagian permukaan plastik. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui sudah berapa lama daging disimpan di dalam lemari pendingin. Pasalnya, tidak ada satupun jenis daging yang dapat bertahan hingga satu tahun tanpa mengurangi kualitasnya.

Selain itu, Anda harus cermat memeriksa fisik daging ayam itu sendiri. Perhatikan apakah daging ayam mulai mengeluarkan atoma tidak sedap atau warna daging sudah berubah menjadi keabua-abuan. Jika sudah demikian, sebaiknya segera buang daging ayam tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Demikian dilansir dari Huffingtonpost, (6/4/2018).

Lalu berapa lama waktu yang ideal untuk menyimpan daging ayam, ikan, dan daging sapi di kulkas, berikut ini rinciannya.

Mamalia Berkaki Empat
Daging sapi, kambing, dan babi dapat bertahan hingga 3-5 hari jika disimpan pada suhu 4 derajat celcius, dan 6-12 bulan jika disimpan pada suhu -17 derajat celcius.

Unggas
Daging ayam atau unggas lain dapat bertahan hingga 1-2 hari jika disimpan pada suhu 4 derajat celcius, dan 1 tahun jika disimpan pada suhu -17 derajat celcius.

Ikan
Ikan dapat bertahan hingga 1-2 hari jika disimpan pada suhu 4 derajat celcius.

Sumber : Okezone