Advertisement

Aman Enggak Sih Baby Walker buat Belajar Jalan Bayi?

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 12 April 2018 - 23:40 WIB
Nugroho Nurcahyo
Aman Enggak Sih Baby Walker buat Belajar Jalan Bayi? Baby Walker. Ilustrasi - bestbabygears.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Mengajarkan anak berjalan menjadi salah satu fase yang harus dilalui semua orang tua di dunia. Ada beragam cara yang dilakukan orang tua untuk mengajarkan anaknya berjalan. Mulai dari tanpa alat bantuan hingga dengan alat bantuan.

Orang tua di Indonesia menggunakan beragam alat untuk mengajarkan anaknya berjalan. Mulai dari dengan menggunakan kain gendongan diikat ke tubuh anaknya, hingga menggunakan baby walker.

Advertisement

Sejak bertahun-tahun, penggunaan baby walker sudah lazim dilakukan. Namun kemudian ada banyak pertanyaan apakah alat ini aman untuk bayi dalam jangka panjang?

Ternyata, para peneliti sangat tidak menyarankan penggunaan baby walker. Alat belajar jalan satu ini cenderung menyeret bayi untuk berjalan, meskipun mereka belum sepenuhnya siap untuk melakukannya.

Karena bayi tidak memiliki kontrol penuh atas langkahnya, ketika berada di dalam baby walker, kemungkinan mereka berlari ke objek berbahaya sangat tinggi.

Bisa saja bayi berjalan dengan baby walker-nya ke meja yang terdapat air panas, atau ke kompor tanpa bisa ditebak dan di luar kontrol orang tuanya. Atau mereka "berlari" ke kolam renang, jatuh dari tangga sehingga bisa mematahkan tulang mereka atau mendapatkan luka fisik.

Berdasarkan data penelitian, belajar berjalan tidak dapat dikaitkan dengan meningkatkan perkembangan anak dengan cara apa pun. Penggunaan alat untuk membantunya juga tidak banyak bermanfaat.

Seorang anak akan dapat melakukannya ketika dia mampu berdiri di atas kakinya dan sebenarnya siap untuk berjalan. Jika Anda bersikeras menggunakan alat bantu jalan, gunakan alat bantu jalan yang tidak akan menghambat perkembangan anak Anda.

Paling penting, selalu pastikan mengawasi anak Anda tidak peduli apa bentuk perlengkapan bayi yang digunakan. Jika Anda tertarik untuk melibatkan anak Anda dalam mengeksplorasi berbagai hal dan bermain-main, daripada menggunakan baby walker, pilih matras atau pusat bermain stasioner yang akan membuat bayi Anda tetap bertopang dan aman.

Rocker stasioner, atau kursi goyang adalah perlengkapan lain yang dapat membuat anak Anda terhibur sambil menjaga mereka tetap aman di area bermain.

 

Boldsky.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Boldsky

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement