Advertisement

Menjaga Kedekatan Emosi dengan Buah Hati saat Berjauhan

Yoseph Pencawan
Jum'at, 20 April 2018 - 21:35 WIB
Maya Herawati
Menjaga Kedekatan Emosi dengan Buah Hati saat Berjauhan Ilustrasi Keluarga - JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Berjauhan dengan buah hati karena pekerjaan tentu tidak enak. Apalagi jika kesibukan membuat kualitas komunikasi menurun. Padahal anak-anak perlu mendapatkan perhatian intensif dari orang tua. Bagaimana mengatasinya?


Ayah dan ibu memiliki peran yang saling mendukung dan membantu, sehingga apabila salah satu fungsinya rusak ada kemungkinan anak akan kehilangan identitas, termasuk bila seorang ayah bekerja jauh dari anak-anaknya.

Advertisement

Muhamad Nanang Suprayogi, psikolog asal Jakarta berpendapat, bila berada dalam kondisi tersebut sang ayah harus melakukan komunikasi secara rutin dan meski pada kondisi sulit tetap dapat dilakukan melalui media sosial yang kini sudah dengan mudah dan murah digunakan.

“Disarankan tidak hanya komunikasi audio saja, tetapi namun juga secara visual [menggunakan video call],” ujarnya, belum lama ini.

Menurut dia, hal tersebut penting untuk tetap menumbukan dan menguatkan ikatan emosional antara ayah dan sang anak, terutama bila anaknya masih kecil. Saat komunikasi dijalin, sang ayah dapat menanyakan pada anak tentang hal-hal yang berkaitan dengan sekolahnya, guru-gurunya, teman-temannya atau hal-hal yang disukainya.

Ayah juga dapat bertanya tentang aktivitas anaknya setelah selesai sekolah, seperti kegiatan bermain dengan teman-temannya, atau tentang siapa teman akrabnya dan sebagainya.

Saat sang anak bercerita, ayah perlu untuk menanggapi cerita tersebut, mencatatnya dan bila perlu menghafal nama guru anaknya, nama teman-teman anaknya, pelajaran yang disukai anaknya dan apa yang dikeluhkan anaknya.

Kemudian, ayah harus memberikan kesempatan kepada anaknya untuk menceritakan sesuatu, apakah itu tentang nilai yang bagus atau pujian yang dia terima dari gurunya. Ayah juga harus peka bila melihat anak kurang ceria, seperti sedang memendam sesuatu yang tidak menyenangkan.

Berilah kesempatan anak untuk mencurahkan hati tentang kesedihannya, dengarkan dan kuatkan dia. Bila sang ayah berkesempatan pulang, lanjut Nanang, perlu juga membawakan sesuatu atau oleh-oleh yang disukai anaknya.

Hal yang penting lain adalah menyempatkan waktu untuk jalan-jalan atau bersantai bersama keluarga. Mengajak anak-anak berekreasi tidak perlu ke tempat yang jauh atau mahal karena yang lebih mereka butuhkan adalah kebersamaan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement