Advertisement

Ponsel Pintar Bisa Menjauhkanmu dari Pasangan, Waspadalah

Newswire
Sabtu, 21 April 2018 - 10:35 WIB
Maya Herawati
Ponsel Pintar Bisa Menjauhkanmu dari Pasangan, Waspadalah Ilustrasi pasangan suami istri - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat. Kira-kira begitulah ponsel pintar di zaman sekarang. Pasangan suami istri harus waspada hal ini. Awas terlalu sibuk berbincang dengan teman masa lalu di grup percakapan, malah lupa pasangan sendiri.

Dalam dunia digital saat ini, merupakan suatu hal yang biasa bagi pasangan jika bergantung pada perangkat digital untuk saling berkomunikasi dan tetap terhubung satu sama lain. Namun, berdasarkan hasil studi terbaru Kaspersky Lab, ada sisi positif maupun negatif yang patut diperhitungkan dari "connected love" ini.

Advertisement

Sebanyak 8 dari 10 pasangan berusaha terhubung secara online dengan pasangan mereka ketika mereka terpisah atau berjauhan satu sama lain.

Sebanyak 62 persen pasangan juga setuju bahwa berkomunikasi melalui perangkat digital dan internet membantu mereka merasa lebih dekat dengan pasangan mereka, terutama bagi mereka yang berpacaran tetapi saling berjauhan (75%).

Ketergantungan digital ini juga meluas hingga ke berbagi penggunaan perangkat digital, sebanyak 53 persen pasangan mengatakan hubungan mereka mengalami peningkatan sejak berbagi aktivitas online mereka, seperti akun dan perangkat digital.

Jelas, ada hal positif yang muncul dari penggunaan perangkat, tetapi ada juga beberapa hal negatif yang patut untuk dipertimbangkan.

Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan perangkat juga dapat menyebabkan argumen antara pasangan tentang berbagai masalah yang terkait perangkat, seperti penggunaan yang berlebihan dan insiden keamanan siber.

Sebanyak 51% pasangan mengungkapkan tentang penggunaan perangkat pada waktu makan atau percakapan tatap muka.

Selain itu, 55% orang berdebat dengan pasangan mereka karena terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk perangkat, dimana angka ini lebih tinggi (58%) pada pasangan yang tinggal bersama, dibandingkan dengan 49 persen dari mereka yang berpacaran tetapi hidup terpisah.

Ini menunjukkan bahwa orang-orang tidak suka merasa diabaikan dan ingin perhatian pasangannya tertuju pada mereka ketika mereka bersama.

Tetapi penggunaan perangkat yang berlebihan bukanlah satu-satunya hal yang membuat pasangan bertengkar. Akses ke perangkat juga merupakan sumber gesekan dalam hubungan.

Seperempat (25 persen) pasangan berpendapat tentang giliran siapa yang menggunakan perangkat, sementara lupa untuk mengisi baterai (45 persen) dan kehilangan perangkat (28 persen) juga menyebabkan perselisihan di antara pasangan.

Tidak hanya itu, ada juga permasalahan keamanan siber yang perlu dipertimbangkan.

Hampir seperempat (24%) pasangan beradu pendapat setelah salah satu pasangan menyebabkan perangkat terinfeksi oleh malware, dan 19 persen bertengkar setelah salah satu pasangan kehilangan uang secara online karena kesalahan atau karena malware.

Penelitian tersebut juga mengatakan bahwa pasangan yang berbagi perangkat digital secara signifikan lebih mungkin untuk berdebat tentang masalah yang disebutkan di atas.

Melihat dari hasil penelitian yang dilakukan Kaspersky Lab tersebut, dalam hubungan modern perangkat dapat menjadi teman dan juga musuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Simak Jadwal Pekan Suci 2024 Gereja Katolik di Jogja

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement