Advertisement

Secapek Apapun Jangan Tidur dengan Posisi Superman di Meja, Akibatnya Bisa Gawat, Wanita Ini Harus Dioperasi

Newswire
Senin, 23 April 2018 - 13:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Secapek Apapun Jangan Tidur dengan Posisi Superman di Meja, Akibatnya Bisa Gawat, Wanita Ini Harus Dioperasi Tidur gaya Superman di meja. - Ist/Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Saking lelahnya bekerja, kadang-kadang orang memilih tidur sejenak di atas meja kerja dengan bertumbu pada tangan atau sering disebut gaya Superman. Namun, hal itu rupanya membawa efek buruk bagi kondisi kesehatan.

Pada saat tidur namun tidak ada bantal, orang mungkin akan menggunakan tangannya. Posisi itu dirasa nyaman tapi saat terbangun bisa membuat tubuh merasa sakit bahkan mati rasa. Bila dijadikan kebiasaan malah membawa dampak negatif seperti yang dialami seorang pekerja dari China bernama Zhang.

Advertisement

Perempuan berusia 28 tahun itu memiliki kebiasaan untuk tidur siang dengan posisi Superman di mana lengan kirinya berada di atas meja untuk dijadikan bantal. Dirinya biasa tidur dalam posisi itu selama satu jam bahkan lebih setiap harinya dan pada saat terbangun mengalami mati rasa. Tiba-tiba di suatu hari ia merasakan kesulitan untuk menggerakan lengannya tersebut.

Melansir Viral4Real, Senin (23/4/2018), Zhang mulai mengalami kesulitan dalam mengambil sesuatu dengan lengan kirinya. Kemudia ia memutuskan untuk memeriksa lengannya tersebut ke dokter. Dari hasil pemeriksaan terungkap bila dirinya mengalami kerusakan saraf di lengan kirinya karena tidur dalam posisi yang sama selama berbulan-bulan.

"Setelah pemeriksaan kami menemukan bahwa saraf radial Zhang telah diblokir karena lengan kirinya mengalami tekanan dalam waktu lama," kata spesialis ortopedi.

Saraf radial bertanggung jawab untuk kontrol gerakan pergelangan tangan dan jari. Penekanan saraf radial dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan pembengkakan yang pada akhirnya menyebabkan mati rasa pada jari dan melemahnya pergelangan tangan.

Sebenarnya kerusakan saraf radial dapat diperbaiki jika dideteksi segera. Sayangnya pada kasus Zhang kondisinya sangat parah. Satu-satunya cara untuk menyelamatkan lengannya adalah menjalani operasi.

Di sisi lain, menurut ahli kesehatan, terus-menerus tidur di lengan juga dapat menyebabkan cedera pada mata, komplikasi pada sistem pencernaan, dan bahkan dapat membatasi aliran darah ke otak. Jadi bagi Anda yang memiliki kebiasaan serupa segera hindari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement