Musim Kemarau segera Datang, Lindungi Kulit Anda dari Sinar Matahari dengan Bahan-Bahan Ini

Foto Ilustrasi. - Istimewa/Shutterstock
07 Mei 2018 23:17 WIB Newswire Lifestyle Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA- Musim kemarau segera tiba. Cuaca panas akan membuat kulit wajah dan kepala lengket dan tidak lembut. Satu dokter asal India yakni dr Rashmi Shetty mengatakan temperatur cuaca yang mencapai hingga lebih dari 30 derajat membuat kondisi kulit turun ke posisi terendah.

Tapi, tidak usah khawatir karena pakar kecantikan herbal Shahnaz Husain akan memberikan cara untuk kembali mendapatkan kulit yang bersinar melalui menjaga kesehatan internal serta kecantikan eksternal.

Dia menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat seperti, buah-buahan segar, salad, kecambah, yoghurt, dan sayur-sayuran. Kemudian banyak minum air putih, serta menghindari paparan sinar matahari.

Untuk perawatan dari luar ia menyarankan untuk menggunakan air mawar, mentimun, lidah buaya sebagai pendingin alami utnuk menyegarkan kulit. Selain itu gunakan teh hijau, cuka sari apel, kentang, tomat, lemon, dan bahkan anggur putih untuk meratakan warna kulit.

Sementara itu, ahli kecantikan herbal lainnya, Suparna Trikha, memastikan lemon dan semangka adalah bahan penyegar kulit terbaik. Berikut ini beberapa tips dari Husain dan Trikha untuk mendapatkan kulit yang tetap bercahaya dilansir dari indiatimes.com,:

Tips dari Suparna TrikhaTips dari Suparna Trikha

1. Masker Semangka
Untuk membuat ini, bahan yang anda butuhkan adalah,: 1 gelas jus semangka, 1 gelas air mawar, 10 daun mint (dihancurkan). Kemudian aduk rata semua bahan dan bekukan dikulkas.
Setiap kali Anda pulang dari kegiatan di bawah paparan sinar matahari, gosokkan bahan tersebut pada kulit Anda. Itu akan menenangkan, menyegarkan dan menguatkan kulit. Setelah itu diamkan beberapa saat kemudian cuci muka dengan air dingin.

2. Masker Pepaya
Untuk ini, Anda membutuhkan: 2 sendok teh fuller’s earth, 2 sendok teh bubuk cendana, 2 sendok teh pepaya tumbuk, susu dingin (cukup untuk membuat pasta halus).
Masker ini akan berguna membersihkan kulit wajah Anda. Caranya oleskan pada wajah sampai mengering, kemudian cuci bersih dengan air dingin. Masker ini memiliki enzim pembersih yang dapat membantu membersihkan kulit.

3. Masker Timun
Masker ini baik untuk kulit kepala dan bahan yang Anda butuhkan untuk membuat ini adalah 1 buah mentimun parut, 1 buah pisang tumbuk, 1 buah alpukat tumbuk, 2 butir telur, susu untuk dicampur. Kemudian campur semua bahan sebelum digunakan.
Setelah semua bahan dicampurkan, maka bisa langsung diaplikasikan ke rambut dari akar hiingga ujungnya. Biarkan selama 30 menit, setelah itu cuci rambut dengan menggunakan sampo dari bahan herbal ringan untuk mendapatkan hasil rambut berkilau, lembut, dan sehat.

Tips dari Shahnaz Husain

4. Herbal Mint Magic
Untuk membuat ini Anda membutuhkan, 1 sendok teh biji wijen, beberapa daun mint kering, dan madu. Setelah itu, haluskan biji wijen dan daun mint menjadi bubuk. Setelah itu, campur semua bahan dengan sedikit madu dan oleskan pada kulit.
Kemudian, gosok dengan lembut dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air. Ini baik bagi kulit Anda setelah terkena paparan sinar matahari karena biji wijen memiliki fungsi sebagai pelindung dan menenangkan kulit yang rusak akibat sinar matahari.

5. Oats
Anda membutuhkan, 1 sendok makan gandum, 1 putih telur. Ini bekerja paling baik untuk kulit berminyak dengan komedo. Caranya, ambil oat dan aduk dengan satu putaran dalam mixer. Campurkan dengan putih telur.
Setelah bahan selesai dicampur, oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Kemudian basahi dengan sedikit air dan digosok lembut lalu bersihkan dengan mencuci muka Anda.

6. Buah-buahan
Anda membutuhkan, masing-masing 1 sendok teh apel parut, ampas pepaya matang, pisang tumbuk, yogurt atau jus lemon. Campurkan semua dan buat menjadi pasta tebal.
Kemudian, oleskan di wajah dan biarkan selama setengah jam. Anda masih dapat menyimpan pasta yang tersisa selama beberapa hari di kulkas. Setelah itu, cuci bersih wajah Anda dengan air biasa maka ini akan memberikan kilau yang baik, menghilangkan tan dan melembutkan kulit Anda.
"Pembersihan wajah waktu malam hari adalah yang paling penting untuk menghilangkan polutan. Karena, perbaikan dan pemulihan kerja tubuh berlangsung saat kita tidur," kata Shahnaz Husain yang dilansir dari India Times.

Sumber : okezone.com

Adplus Tokopedia