Advertisement

Tetap Bugar saat Puasa, Kuncinya Bukan Hanya Makanan

Newswire
Jum'at, 11 Mei 2018 - 11:35 WIB
Maya Herawati
Tetap Bugar saat Puasa, Kuncinya Bukan Hanya Makanan Ilustrasi tidur - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ada beberapa hal yang kerap terlupa selain perkara asupan makanan yang harus dilakukan selama puasa. Hal-hal itu justru poin penting agar tubuh tetap bugar selama menjalankan puasa.

Dr Nerina Ramlakhan, ahli tidur dari Meliá Hotels & Resorts, mengatakan, kualitas tidur tidak hanya memberikan penyembuhan fisik, namun juga dapat membantu peremajaan secara mental, emosional, dan psikologis.

Advertisement

"Saat kita mendapatkan kualitas tidur yang baik, inspirasi, semangat, dan rasa bahagia dalam hidup akan muncul kembali. Hal ini akan berdampak pada seluruh aspek, sehingga kita harus menghargai waktu tidur kita,” ujar dia belum lama ini.

Terutama lagi, memasuki bulan puasa, tentunya tubuh mendapatkan asupan gizi dan cairan yang lebih sedikit dibandingkan biasanya, sehingga tidur berkualitas menjadi semakin penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Agar mendapatkan tidur yang baik dalam waktu yang terbatas, dia menyarankan kita juga melakukan meditasi, dan memenuhi asupan nutrisi sesuai kebutuhan tubuh saat sahur dan berbuka puasa.

Kualitas Tidur

Sleep Report Indonesia 2018 mengungkapkan mayoritas masyarakat Indonesia memiliki kualitas tidur nyenyak yang rendah, dengan memiliki kualitas tidur terbaik pada usia 18-34 tahun. Sementara mereka yang berusia lebih lanjut memiliki kualitas tidur yang lebih buruk.

Hasil ini didapat berdasarkan data yang diekstrasi dari 975.742 pengguna aplikasi Sleep Cycle selama lebih dari 81.298.155 malam selama tahun 2017.

Data juga menunjukkan bahwa perempuan Indonesia memiliki kualitas tidur yang secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan kaum pria. Perempuan rata–rata beristirahat pada pukul 23.51 sedangkan kaum pria baru beristirahat pada pukul 00.00.

Indonesia juga memliki waktu tidur yang bervariasi. Masyarakat kota Denpasar rata–rata beristirahat di pukul 23.40, sedangkan kota Jakarta tidak beristirahat hingga pukul 00.09.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement