Advertisement

Lemak Ikan Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Newswire
Sabtu, 26 Mei 2018 - 11:35 WIB
Maya Herawati
Lemak Ikan Kurangi Risiko Penyakit Jantung Ilustrasi ikan - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ikan bisa membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik dan mencegah risiko penyakit jantung. Hal ini termuat dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research.

Lemak ikan meningkatkan ukuran dan komposisi lipid partikel high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, pada orang yang mengalami gangguan metabolisme glukosa.

Advertisement

Selain itu, 30 mililiter minyak camelina dengan kandungan asam alfa-linolenat, yang merupakan asam lemak omega-3 juga bisa mengurangi jumlah partikel Intermediate-density lipoprotein (IDL) berbahaya.

Lipoprotein IDL adalah prekursor dari LDL (low-density lipoprotein), yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 rantai panjang yang ditemukan pada ikan memiliki efek menguntungkan pada ukuran dan komposisi lipoprotein. Zat ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, kata peneliti dari University of Eastern Finland.

Untuk studi ini, tim peneliti melibatkan hampir 100 pria dan wanita Finlandia berusia 40 hingga 72 tahun yang menderita gangguan metabolisme glukosa.

Partisipan secara acak dibagi menjadi empat kelompok untuk intervensi 12 minggu, yakni: kelompok yang diberi minyak camelina, kelompok yang diberi ikan berlemak, kelompok yang tak diberi lemak ikan dan kelompok kontrol.

Hasilnya, mereka yang diberi minyak camelina, lemk ikan HDL nya berpotensi lebih tinggi dan tingkat kolesterol IDL nya lebih rendah ketimbang partisipan yang tak mendapat lemak ikan.

Namun, seperti dilansir Indian Exrpress, hal ini tidak berhubungan dengan perubahan jumlah, ukuran atau komposisi partikel lipoprotein, kata para peneliti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement