Wortel Utuh atau Dijus, Mana yang Lebih Baik?

Wortel - Reuters
10 Juni 2018 15:35 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Anda suka wortel? Atau tidak doyan jika tidak dijus? Atau sebaliknya, justru tidak doyan jika dalam bentuk minuman? Simak penjelasannya mana yang lebih baik.

Ingatlah bahwa manfaat terbaik jus akan tubuh rasakan saat buah dan sayur yang menjadi bahan utamanya dalam kondisi segar. Lalu apa saja kandungan gizi dalam wortel utuh dan jus wortel?

Berdasarkan Stanford Health Care, jus segar mengandung fitokimia anti kanker dan vitamin yang mudah diserap oleh tubuh. Satu cangkir jus wortel atau seledri mengandung jumlah nutrisi yang sama dengan lima cangkir wortel yang dipotong-potong.

Menurut departemen pertanian dan nutrisi Amerika Serikat, secangkir jus wortel mengandung 94 kkal, 2,24 gram protein, 0,35 gram lemak, 21,9 gram karbohidrat dan 1,9 serat dan 9 gram gula.

Lalu, sejumlah vitamin dan mineral yakni: 689 mg kalium, 20,1 mg vitamin C, 0,217 mg thiamin, 0,512 mg vitamin B-6, 2,256 mikrogram vitamin A dan 36,6 mikrogram vitamin K.

Seperti dilansir Medical News Today belum lama ini satu cangkir wortel utuh mengandung 3,5 gram serat dan 6 gram gula. Jadi silahkanlah memilih ingin mengonsumsi wortel dalam bentuk utuh atau jus.

Sumber : Antara