Cemas Asal Tak Berlebihan Ternyata Menguntungkan Ingatan

Ilustrasi cemas - Reuters
11 Juni 2018 18:35 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Siapa bilang merasa cemas melulu buruk. Cemas asal tak berlebihan bisa mendorong ingatan manusia muncul kembali.

Merasa sedikit cemas bisa membantu Anda mengingat berbagai hal atau kejadian, menurut sebuah studi dalam Journal Brain Sciences.

Namun, ketika tingkat kecemasan menjadi terlalu tinggi atau berubah menjadi ketakutan, maka yang terjadi adalah orang mulai mengasosiasikan unsur netral suatu pengalaman ke konteks negatif.

"Orang dengan kecemasan tinggi harus berhati-hati," kata Profesor di University of Waterloo di Kanada, Myra Fernandes belum lama ini.

"Sampai tingkat tertentu, ada tingkat kecemasan yang optimal yang akan menguntungkan ingatan Anda, tapi ada tingkat kecemasan yang tinggi dapat menyebabkan orang mencapai titik kritis, yang mempengaruhi ingatan dan penampilan mereka," kata dia seperti dilansir Indian Express.

Untuk keperluan studi, para peneliti melibatkan 80 mahasiswa dari University of Waterloo dan 64 di antaranya adalah perempuan.

Setengah dari mereka secara acak ditugaskan ke kelompok instruksi encoding ,sementara separuh sisanya ditugaskan ke grup pengkodean dangkal.

Hasilnya, individu dengan tingkat kecemasan tinggi menunjukkan kepekaan yang juga tinggi terhadap pengaruh konteks emosional pada ingatan mereka. Informasi yang awalnya netral berubah menjadi negatif (dalam diri mereka), karena diwarnai emosi.

"Dengan memikirkan kejadian emosional atau dengan memikirkan kejadian negatif, mungkin membawa Anda pada pola pikir negatif yang dapat membuat Anda bias atau mengubah cara Anda memandang lingkungan Anda saat ini," jelas Christopher Lee, seorang peneliti di universitas tersebut.

Sumber : Antara