Advertisement

Indonesia Kini Punya Sekolah Khusus Mode Muslim Islamic Fashion Institute

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Selasa, 12 Juni 2018 - 09:07 WIB
Nugroho Nurcahyo
Indonesia Kini Punya Sekolah Khusus Mode Muslim Islamic Fashion Institute Peragaan busana muslim dalam Muslim Fashion Festival di Jakarta 19 April 2018. - REUTERS/Beawiharta

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Islamic Fashion Institute bukan sekadar sekolah mode pakaian muslim di Indonesia. Sekolah anyar ini mengajarkan keterampilan desain, styling dan pemasaran berdasarkan norma-norma agama Islam.

Sudah tiga tahun berdiri, sekolah mode yang berada di Bandung, Jawa Barat ini mengajarkan siswanya untuk membuat baju muslim yang stylish dan bervariasi sesuai norma agama Islam. Ini seiring dengan permintaan busana muslimah modis yang semakin tinggi.

Advertisement

"Para siswa kami ajari membuat desain yang unik dan menjadi leader di bidang fesyen. Kami juga mengajari mereka bagaimana berpakaian yang dianjurkan oleh agama Islam," ungkap Deden Siswanto, pendiri Islamic Fashion Institute seperti yang dilansir oleh Bisnis.com dari Reuters, Selasa (12/6/2016).

Para siswa akan diajarkan membuat desain dan menjahit sampai pada pemasaran bisnis busana muslim selama sembilan bulan.

Sekolah mode ini menerima baik siswa laki-laki maupun perempuan, Muslim maupun non-Muslim yang mau belajar fesyen. Namun pengajarnya harus Muslim demiu memastikan memiliki kemampuan praktik bisnis Islam.

Salah satu siswa Islamic Fashion Institute Runi Soemadipradja, mengatakan dia mulai mengenakan jilbab pada 2007. Ia lalu menemukan beberapa ide segar yang cocok untuk mengembangkan dunia busana Muslim di Tanah Air.

"Saya lalu mulai mendesain pakaian saya sendiri," katanya. “Kami kewalahan dengan pesanan. Sejauh ini saya telah merilis 10 koleksi. ”

Kecenderungan ke arah pakaian yang memenuhi persyaratan agama Islam menjadi marak di kalangan kelas menengah di Indonesia.

Situs web retail daring Indonesia terkemuka seperti Lazada.com dan Zalora.com kini memiliki laman khusus busana Islami.

Indonesia menjadi tuan rumah Muslim Fashion Week pertama pada 2015 Kementerian Perindustrian memiliki angan-angan menjadikan Indonesia sebagai "pusat busana Muslim" dunia pada 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Warga Kulonprogo Ajukan Gugatan Disebut Nonpribumi Saat Balik Nama Sertifikat, Sidang Ditunda Lagi

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sheila on 7 Bikin Konser di Medan, Pertumbuhan Sektor Pariwisata di Sumut Ikut Subur

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement