Berburu Diskon Baju Lebaran, Jangan Lupakan Ini

Ilustrasi Belanja - Reuters
13 Juni 2018 16:35 WIB Bernadheta Dian Saraswati/Maya Arina Pramudita Lifestyle Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA—Banjir diskon menjelang Lebaran memang kadang bikin “kalap mata”.  Semua rasanya ingin dibeli. Tunggu dulu, Anda harus tetap teliti sebelum membeli.

Menurut Heriyenti, desainer busana muslim DIY ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih busana muslim dengan diskon.

“Tentunya kita harus tetap memperhatikan sisi Syariah karena ada juga yang menjual baju muslim tapi kainnya masih transparan, kemudian memperhatikan kualitas bahan kain dan prosesingnya yaitu jahitan yang terdapat pada busana muslim,” ujar Heri, belum lama ini.

Heri menjelaskan bahwa fenomena diskon menjelang lebaran ini diikuti dari kelas desainer hingga pedagang kaki lima karena memberikan diskon pada busana muslim menjelang hari raya merupakan salah satu strategi marketing. “Karena momentumnya pas Hari Raya. Untuk itu konsumenpun bebas memilih ingin membeli busana dimana untuk mendapatkan busana muslim diskon” ujar dia.

Agar konsumen tidak terjebak dengan barang diskon maka Heri Yenti memberikan saran agar konsumen dapat bijak memilih dan teliti sebelum membeli baik dari segi jahitan maupun model busana.

“Harus dipastkan ketika membeli itu melakukan fitting karena kalau baju diskonan itu biasanya tidak bisa ditukar kalau beli ditoko,” katanya.

 

Keutuhan Baju

Dewi Ranaya, desainer baju muslim asal Jogja, menyebut konsumen harus melihat secara keseluruhan produk baju Lebaran yang hendak dibeli.

“Konsumen hendaknya melihat dari keutuhan baju. Misalnya dari jahitan atau kancing ada kerusakan atau tidak. Selain itu dari bahan yang digunakan cocok apa tidak untuk acara Lebaran, dan dari style baju juga harus dipertimbangkan kecocokan untuk acara Lebaran yang seperti apa,” tuturnya.

Jika memiliki waktu luang, ada baiknya jika seseorang tidak hanya melihat koleksi dari satu butik saja tetapi lebih dari satu butik. Dengan cara itu, seseorang bisa membandingkan kualitas bahan dan besarnya diskon. “Akan lebih baik jika bisa mendapatkan kualitas baik meski harga terjangkau,” tutur perempuan yang biasa disapa DR ini.

Dewi Ranaya melihat, fenomena masyarakat yang berburu diskon saat Lebaran dianggap wajar. Sebab, saat Lebaran kebutuhan masyarakat meningkat. Selain pengeluaran membengkak karena harus berbelanja makanan, pengeluaran juga dialokasikan untuk membeli pakaian baru.

“Apalagi kalau Lebaran itu memang membutuhkan lebih dari satu baju apalagi untuk satu keluarga, pasti akan cari harga yang lebih rendah,” katanya. Dengan kondisi itu, wajar bagi dia jika banyak orang berburu baju yang harganya murah.

Adplus Tokopedia