Advertisement

Jangan Sembarangan Curhat, Ada Teman yang Tak Cocok, Ini Cirinya

Newswire
Sabtu, 16 Juni 2018 - 18:35 WIB
Maya Herawati
Jangan Sembarangan Curhat, Ada Teman yang Tak Cocok, Ini Cirinya Ilustrasi curhat - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tak semua yang Anda anggap teman, cocok untuk tempat berbagi cerita alias curhat. Kenali ciri-cirinya.

Sebagian orang merasa enggan mengungkapkan isi hatinya pada keluarga batihnya. Entah karena merasa tak dekat atau kurang nyaman, sehingga memilih bercerita pada teman.

Advertisement

Namun, tak semua tipe teman bisa menjadi tempat Anda mencurahkan isi hati. Perlu tindakan hati-hati dalam memilih teman curhat.

"Kalau saat mengobrol, dia bisa ngobrolin orang lain, artinya dia bisa saja ngobrol dengan orang lain lalu menjadikan kita topik pembicaraan dia. Ciri teman seperti ini tak tepat dijadikan teman curhat," ujar ahli psikologi anak dan remaja, Yasinta Indrianti MPsi, di Jakarta, belum lama ini.

Saat memilih teman curhat, unsur chemistry biasanya tak bisa terhindarkan. "Sesuatu yang dari dalam yang tak bisa kita pungkiri kalau klik," kata dia.

Pada anak-anak, sebaiknya orang tua mengajarkan mereka untuk menceritakan masalah atau beban di hati bukan pada orang lain.

"Tekankan bahwa kita, orang tua punya kedekatan dengan dia. Buat mereka nyaman dulum kalau mereka tak merasa nyaman bagaimana mau bicara?" kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Rabu 24 April 2024: Hujan Sedang

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement