Advertisement

Perhatikan Sejumlah Hal Ini Jika Mau Terbang Nyaman Bareng si Kecil

Nugroho Nurcahyo
Minggu, 17 Juni 2018 - 07:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
Perhatikan Sejumlah Hal Ini Jika Mau Terbang Nyaman Bareng si Kecil Ilustrasi terbang bersama anak. - Orami.co.ic

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ada sejumlah cara untuk membuat perjalanan dengan pesawat terbang bersama anak-anak bebas dari kondisi merepotkan. Berikut delapan tips untuk mencari penerbangan yang ramah terhadap anak-anak, menurut situs wisata keluarga Suitcases & Strollers.

 

Advertisement

1. Cari maskapai yang membidik segmen keluarga

Coba cek situs daring resmi maskapai tersebut. Jika situs tampak hanya fokus pada penumpang bisnis atau memiliki zona terlarang bagi anak-anak di dalam pesawat, ini bukan pilihan terbaik untuk Anda.

Pilihan yang ramah anak-anak misalnya seperti Etihad, yang pada 2016 lalu meluncurkan layanan pengasuh di pesawat dengan awak kabin yang secara khusus dilatih membantu Anda dan anak Anda. Bahkan maskapai ini memiliki ruang tunggu khusus bagi anak-anak.

 Etihad menawarkan layanan pengurus bayi dan anak selama penerbangan. Layanan ini disebut Etihad flying nannies (Etihad Airways)

Ruang tunggu khusus anak-anak yang ditawarkan Etihad Airways. (Etihad Airways)

 

2. Maskapai pemenang penghargaan di kategori pelayanan.

Pilih maskapai yang secara konsisten memenangkan penghargaan industri untuk pelayanan awak kabinnya. Contohnya Singapore Airlines yang terkenal dengan pelayanannya. Baru-baru ini, Garuda Indonesia juga memenangkan penghargaan di kategori awak kabin terbaik. Batik Air sebagai maskapai fullservice, pramugarinya juga terkenal ramah terhadap anak-anak.

 

3. Utamakan kesenangan

Maskapai yang berusaha menampilkan diri sebagai maskapai yang menyenangkan untuk terbang juga cocok untuk anak-anak. Eva Air memiliki armada pesawat yang disebut Jet Hello Kitty yang tidak secara khusus menargetkan penumpang anak-anak. Tetapi semuanya serba berwarna merah muda, mulai dari boarding pass sampai jok kursi bertema Hello Kitty. Tentu ini akan membuat anak-anak senang karena seperti membawa mereka ke lingkungan tempat bermain selama penerbangan.

 

4. Pilih armada pesawat baru

Mereka biasanya memiliki desain interior ebih baik dan bersih. Misalnya, armada A380 memiliki beberapa titik di dalam pesawat untuk tempat berdiri di sudut yang sepi dan menenangkan anak untuk tidur. Armada ini diperuntukan bagi kelas premium sehingga biasanya dilengkapi aneka fasilitas seperti fasilitas hiburan dan toilet yang dilengkapi meja untuk mengganti popok bayi.

 

5. Garbarata

Jembatan penyeberangan (garbarata) yang menghubungkan ruang tunggu penumpang dengan pesawat, bisa membuat perbedaan besar jika Anda terbang bersama anak-anak. Apalagi jika Anda bersama beberapa anak kecil. Menuntun beberapa anak sambil membawa tas, lalu naik bus dan tangga menuju pesawat, tentu merepotkan. Apalagi sambil menggendong bayi. Bayangkan jika di saat sama hari tengah hujan.

 

6. Maskapai murah dan biaya tambahan bagasi

Liburan keluarga biasanya berbiaya besar. Sehingga maskapai berbiaya murah seringkali menjadi pilihan. Tetapi perhatikan apa yang akan Anda lewatkan jika Anda membatasi anggaran Anda untuk perjalanan udara.

Walaupun tarif kursinya murah, biasanya Anda perlu menambah bagasi. Padahal perjalanan dengan si kecil tentu bakal banyak membawa tetek bengek barang yang perlu dibawa. Lalu bisa jadi Anda perlu membayar tambahan untuk kursi yang Anda inginkan, misalnya di bagian depan yang ruang kakinya lebih luas. Alih-alih, biayanya malah jadi sama dengan maskapai layanan penuh.

Pada akhirnya, Anda dapat kehilangan hal-hal kecil yang dapat membuat penerbangan bersama anak lebih mudah seperti prioritas naik lebih awal, garbarata, dan poin untuk penumpang langganan.

 

7. Cek fasilitas hiburan

Semakin banyak pilihan yang ramah anak tentu semakin baik. Maskapai yang memotong biaya dengan tidak memasang unit hiburan, contohnya, biasanya juga tidak menyediakan buku mewarnai untuk anak. Kemungkinan mereka juga kekurangan awak kabin sehingga tidak ada yang bisa membantu Anda selama penerbangan.

 

8. Cari rekomendasi dari orang tua lain

Beberapa maskapai mengiklankan dirinya sebagai ramah keluarga tetapi belum tentu begitu di kenyataannya. Anda hanya akan mendengarnya melalui mulut ke mulut, jadi bicaralah dengan teman dan keluarga yang sudah pernah terbang dengan rute serupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Batas Jabatan Kian Dekati Ujungnya, Jokowi Berambisi Tambah Saham di PT Freeport

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement