Advertisement

Wasir, Jangan Dibiarkan, Ini Akibatnya

Newswire
Senin, 18 Juni 2018 - 17:35 WIB
Maya Herawati
Wasir, Jangan Dibiarkan, Ini Akibatnya Ilustrasi Wasir - ist/medicalnewstoday

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Malas mengobati wasir  karena tidak nyaman? Anda akan menuai dampak lebih parah jika dibiarkan.   Terlebih bila derajat keparahan semakin tinggi. Akan ada masalah yang muncul, salah satunya anemia.

"Kalau didiamkan, paling sering pendarahan, karena terus terluka menyebabkan anemia," ujar spesialis bedah dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), dr. Franky Mainza Zulkarnain, Sp.B di Jakarta, belum lama ini.

Advertisement

Anemia terjadi karena pendarahan yang terus menerus, sehingga tubuh kekurangan darah merah. Akibatnya, seseorang akann merasa kelelahan dan lemah. 

Selain itu, adapula kondisi yang disebut strangulasi hemorroid. Keadaan ini terjadi jika suplai darah ke hemoroid interna--bantalan vaskuler pada rektum bawah, terputus karena terjepit. "Ini akan menyebabkan rasa sakit yang hebat dan menyebabkan kematian jaringan [gangren]," kata Franky.

Berdasarkan jenis dan letaknya, wasir terbagi atas dua jenis yakni interna dan eksterna. Untuk interna, ada beberapa tingkatan menurut derajat keparahan mulai dari ringan yakni 1 dan 2 hingga berat yakni empat.

"Tidak ada benjolan, BAB berdarah hanya nyeri itu stage 1. Stage 2 berdarah tetapi benjolan bisa masuk lagi. Stage 3, benjolan sudah keluar dan tidak bisa dimasukan lagi menggunakan jari. Stage 4, sudah besar dan tidak bisa masuk lagi," katanya.

Franky mengatakan, untuk tingkatan 1 dan 2 tidak memerlukan prosedur operasi. "Kalau grade 1 dan 2 enggak bicara operasi. Diberi obat-obatan untuk mengobati katup vena. Obat ini juga untuk efek anti nyeri dan mengecilkan benjolan," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement