Advertisement

Penelitian: Tidur Ideal Minimal Harus 8,5 Jam Setiap Hari

Nugroho Nurcahyo
Rabu, 20 Juni 2018 - 21:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
Penelitian: Tidur Ideal Minimal Harus 8,5 Jam Setiap Hari Ilustrasi tidur. - qz.com

Advertisement

 Harianjogja.com, JOGJA—Tidur delapan jam yang selama ini direkomendasikan pakar kesehatan ternyata belum cukup bagi tubuh manusia.

Peneliti Pennsylvania State University mengklaim manusia dewasa membutuhkan sedikitnya delapan setengah jam untuk tidur setiap harinya. Sebab, kebanyakan orang tidak betul-betul tidur lelap saat tertidur. Hanya 90% dari waktu mereka di tempat tidur yang bisa dikatakan tidur sebenarnya. Dengan demikian, dibutuhkan tambahan setengah jam jika seseorang ingin tidur nyenyak selama delapan jam.

Advertisement

Berapa lama sebetulnya dibutuhkan tidur nyenyak dalam sehari? Apa yang terjadi pada tubuh jika tidur di bawah 8 jam?

0 Jam Ini namanya kurang tidur total. Secara harfiah adalah penyiksaan. Setelah tiga hari tidak tidur sama sekali, seseorang akan sering lupa apa yang terjadi. Tubuh akan otomatis mengistirahatkan otak dengan apa yang disebut "microsleep". Risikonya mati. Tidak direkomendasikan. 

Dua jam Tidak ada yang dapat bertahan hidup lama jika hanya tidur dua jam setiap hari. Namun banyak dari kita dapat terpaksa tidur hanya dua jam pada acara-acara khusus. Tidur dua jam tidak disarankan, kecuali dalam keadaan darurat.

Empat jam Beberapa politisi dan CEO menyombongkan diri mereka hanya membutuhkan empat jam tidur. Ternyata hal itu tidak benar. Ambil contoh Donald Trump. Jika ini kasusnya, bukti ilmiah akan menunjukkan dia akan kelebihan berat badan, menunjukkan perilaku yang tidak menentu, penilaian yang buruk dan perubahan suasana hati secara mendadak bakal sering terjadi.

Arianna Huffington mengaku pernah berhari-hari tidur sangat singkat sehingga akhirnya ambruk. Sejak sembuh, dia memastikan untuk selalu tidur delapan jam setiap hari. Tidur empat jam sehari tidak disarankan, terutama jika Anda bertanggung jawab terhadap sendi kehidupan negara atau bisnis besar. Hal itu akan berbahaya untuk Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

Enam Jam Banyak orang hanya tidur enam jam di hari kerja. Jam kerja menjadi penyebab terbesar kehilangan waktu tidur. Mintalah jam kerja yang lebih fleksibel. Jika perlu kalau pekerjaan tak selesai di kantor, cicil di rumah.

Delapan jam Ini adalah waktu yang sangat dianjurkan bagi Anda untuk tidur setiap harinya. Jam tidur ideal untuk tubuh seringkali bervariasi bagi setiap orang. Bill Gates membutuhkan tujuh jam tidur setiap harinya. Anda mungkin perlu sedikit lebih banyak waktu tidur.

Sepuluh jam Remaja memerlukan tidur lebih lama hingga sekitar sembilan jam semalam. Waktu awal-awal mulai sekolah, biasanya merupakan penyebab terbesar remaja kehilangan waktu tidur. Membatasi begadang bagi remaja hingga pukul 22.00 setiap malam, terbukti mengurangi penyakit dan meningkatkan nilai ujian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : The Guardian

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement