Advertisement

Begini Asal Muasal Kenapa Pilot Sering Mengatakan Roger dan Wilco

Nugroho Nurcahyo
Kamis, 21 Juni 2018 - 00:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
Begini Asal Muasal Kenapa Pilot Sering Mengatakan Roger dan Wilco Ilustrasi kokpit dan pilot. - Bussiness Insider

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pernahkah Anda mendengar langsung seorang pilot mengucapkan kata Roger atau Wilco di kehidupan nyata? Jika belum pernah, pastinya Anda pernah mendengar kata itu dalam adegan-adegan di sebuah film.

Ada juga pilot yang mengatakan, “Roger Wilco”.

Advertisement

Tapi pernahkah Anda bertanya kenapa mereka suka mengatakan kedua kata itu? Siapa sih Roger dan Wilco ini?

The Straight Dope, sebuah kolom tanya-jawab surat kabar yang diterbitkan di Chicago Reader dan di sindikasi delapan koran di AS, menjelaskan, pada 1927, “Roger” adalah kata yang dipilih untuk merepresentasikan huruf “R”.

Kenapa R? Ini untuk mewakili kata “received” karena huruf itu adalah huruf pertama dari kata “received.”

Lalu kenapa pilot tak mengucap “received” saja? Ternyata selama Perang Dunia II (WWII) tak semua tentara Sekutu berbahasa Inggris. “R” yang kemudian diucapkan “Roger”, secara internasional kemudian diterima sebagai ungkapan singkat untuk menegaskan bahwa pilot telah mengerti instruksi yang diberikan melalui alat komunikasi.

Pada 1957, kata Roger mulai diganti dengan kata Romeo untuk mewakili huruf R yang artinya Received. Namun sejak diganti itu, baik Roger, Romeo dan received masih tetap digunakan karena bermakna sama.

Lalu apa maksud Wilco? Cerita di balik kata ini malah lebih sederhana. Wilco merupakan singkatan dari will comply.

Jadi jika seorang pilot mengatakan, “Roger Wilco,” itu artinya mereka ingin mengatakan, “I received your instructions, and I will follow them [Aku telah memahami instruksimu dan akan kulaksanakan].”

Seorang pilot, Josh Martin dalam askacfi.com mengatakan, topik ini baru ia pertanyakan ketika ia sudah menjadi kopilot bersama seorang kapten senior yang telah memiliki 20.000 jam terbang dan merupakan mantan petugas air traffic controller selama 15 tahun.

Dia sering menggunakan kata Wilco, bahkan dalam keadaan yang dia pikir sebelumnya hal itu tidak boleh digunakan.

Ceritanya, saat dia dan si pilot sedang hendak melakukan penegasan approaching sebelum mendaratkan pesawat, petugas lalu lintas udara mengatakan: “N1234A is five miles from COOLE, turn right heading 340, maintain 3,000 til established, cleared ILS 2.”

Si pilot mantan petugas ATC ini mengatakan kepada Josh bahwa dalam kasus seperti itu, si pilot diperbolehkan mengatakan Wilco saja ketimbang mengucap ulang instruksi yang telah diberikan. Hal itu sudah cukup untuk menunjukkan pilot telah paham semua instruksi dari kontroler dan untuk lebih memperingkas komunikasi.

Namun menurut si pilot senior, kata Roger sebaiknya dihindari sebab bisa menimbulkan kesalahpahaman atau kebingungan saat berkomunikasi dengan petugas ATC.

“Kata ini [Roger] hanya untuk menunjukkan si penerima pesan telah paham dan tidak sekaligus menegaskan akan mengikuti instruksi tersebut,” kata Josh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement