Putus Cinta Memang Menyebalkan, Ada Cara Mengatasinya

Patah hati ilustrasi - ist/Planet Science
24 Juni 2018 18:35 WIB Newswire Lifestyle Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, JAKARTA—Gara-gara putus cinta, Anda bisa terganggu dalam kehidupan sehari-hari. Susah belajar, malas bekerja hingga lupa makan.

Suatu perpisahan bisa saja menghancurkan hati seseorang. Sebagian orang yang mengalaminya mengalami insomnia, pikiran terganggu dan bahkan sistem kekebalan tubuhnya menurun.

Bahkan, orang yang berpikiran positif dapat mengalami kesulitan menentukan cara terbaik untuk melanjutkan hidup mereka. Apa yang bisa dilakukan untuk bisa move on?

Melalui sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology: General, para peneliti menguji berbagai strategi kognitif dan menemukan cara terbaik untuk membantu orang mengatasi perpisahan.

Para peneliti mengumpulkan 24 orang yang patah hati, berusia 20-37 tahun yang telah menjalin hubungan selama rata-rata 2,5 tahun. Beberapa dari mereka dicampakkan, sementara yang lain tidak, tetapi semua kesal tentang hal itu, dan sebagian besar masih menyukai mantan mereka.

Dalam serangkaian petunjuk, mereka dilatih menggunakan tiga strategi kognitif yang dimaksudkan untuk membantu mereka melanjutkan hidup.

Strategi pertama adalah menilai kembali mantan mereka secara negatif. Para partisipan memikirkan aspek-aspek yang tidak menguntungkan dari kekasih mereka, seperti kebiasaan yang sangat menyebalkan. Dengan menyorot sifat-sifat negatif mantan, hati akan melunak.

Kedua, partisipan membaca dan meyakini pernyataan penerimaan, seperti  "Tidak apa-apa untuk mencintai seseorang yang tidak bersama saya."

Daripada bertarung dengan apa yang mereka rasakan, mereka diperintahkan untuk menerima perasaan cinta mereka tanpa penghakiman.

Strategi ketiga adalah mengalihkan perhatian: yakni dengan memikirkan hal-hal positif yang tidak terkait dengan mantan, seperti makanan favorit.  Hal ini dapat membantu seseorang mengatasi pikiran terus-menerus yang datang seiring putus cinta.

Sumber : Antara

Adplus Tokopedia