Advertisement

Putus Cinta Memang Menyebalkan, Ada Cara Mengatasinya

Newswire
Minggu, 24 Juni 2018 - 18:35 WIB
Maya Herawati
Putus Cinta Memang Menyebalkan, Ada Cara Mengatasinya Patah hati ilustrasi - ist/Planet Science

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Gara-gara putus cinta, Anda bisa terganggu dalam kehidupan sehari-hari. Susah belajar, malas bekerja hingga lupa makan.

Suatu perpisahan bisa saja menghancurkan hati seseorang. Sebagian orang yang mengalaminya mengalami insomnia, pikiran terganggu dan bahkan sistem kekebalan tubuhnya menurun.

Advertisement

Bahkan, orang yang berpikiran positif dapat mengalami kesulitan menentukan cara terbaik untuk melanjutkan hidup mereka. Apa yang bisa dilakukan untuk bisa move on?

Melalui sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology: General, para peneliti menguji berbagai strategi kognitif dan menemukan cara terbaik untuk membantu orang mengatasi perpisahan.

Para peneliti mengumpulkan 24 orang yang patah hati, berusia 20-37 tahun yang telah menjalin hubungan selama rata-rata 2,5 tahun. Beberapa dari mereka dicampakkan, sementara yang lain tidak, tetapi semua kesal tentang hal itu, dan sebagian besar masih menyukai mantan mereka.

Dalam serangkaian petunjuk, mereka dilatih menggunakan tiga strategi kognitif yang dimaksudkan untuk membantu mereka melanjutkan hidup.

Strategi pertama adalah menilai kembali mantan mereka secara negatif. Para partisipan memikirkan aspek-aspek yang tidak menguntungkan dari kekasih mereka, seperti kebiasaan yang sangat menyebalkan. Dengan menyorot sifat-sifat negatif mantan, hati akan melunak.

Kedua, partisipan membaca dan meyakini pernyataan penerimaan, seperti  "Tidak apa-apa untuk mencintai seseorang yang tidak bersama saya."

Daripada bertarung dengan apa yang mereka rasakan, mereka diperintahkan untuk menerima perasaan cinta mereka tanpa penghakiman.

Strategi ketiga adalah mengalihkan perhatian: yakni dengan memikirkan hal-hal positif yang tidak terkait dengan mantan, seperti makanan favorit.  Hal ini dapat membantu seseorang mengatasi pikiran terus-menerus yang datang seiring putus cinta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik Rabu 8 Mei 2024 Jogja dan Sekitarnya, Cek Lokasinya!

Jogja
| Rabu, 08 Mei 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Kecam Serangan Militer Israel ke Rafah

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 04:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement