Ini Dia Daftar Makanan yang Membantu Memperbaiki Suasana Hati

Ilustrasi oatmeal - ist/escoct
25 Juni 2018 16:35 WIB Newswire Lifestyle Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA—Mood atau suasana hati kerap buruk. Hal itu bisa memengaruhi kehidupan sehari-hari, padahal tidak ada hal signifikan yang perlu dikhawatirkan. Anda bisa memperbaiki suasana hati dengan sejumlah makanan lho.

Rob Hobson, Kepala bagian Gizi perusahaan suplemen Healthspan, mengungkapkan strategi terbaik untuk meningkatkan mood guna menangkal Blue Monday.

Banyak pilihan makanan yang dapat mempengaruhi perasaan kita, di mana penelitian menunjukkan bahwa makanan benar-benar dapat mengubah otak secara kimia dan fisiologi, hingga pada gilirannya memengaruhi suasana hati dan kinerja kita.

Jika Anda terlalu banyak makan makanan cepat saji atau makanan jadi, jangan heran jika mood Anda menjadi kurang bersemangat atau bahkan lebih buruk.

Sementara itu, makanan memang tidak akan menyembuhkan depresi, namun pola makan sehat akan meringankan gejala-gejala depresi yang timbul, sehingga penting untuk tetap memakannya, bahkan ketika nafsu makan Anda telah pergi.

Membuat perubahan pola makan secara dramatis dapat mengurangi perubahan suasana hati, mengidam makanan, lekas marah dan kelelahan, serta meningkatkan memori dan konsentrasi.

Ini daftar makanan yang direkomendasikan untuk memperbaiki mood Anda:

1. Cokelat hitam atau dark cokelat (telah terbukti mampu meningkatkan mood)

2. Salmon (mengandung omega  yang dapat membantu mengurangi gejala depresi)

3. Oats (kandungan rendah gula berguna untuk membantu menjaga kadar gula darah yang dapat memengaruhi suasana hati)

4. Telur (sumber kandungan B12, yang dikaitkan dengan mengurangi suasana hati yang buruk dan depresi) 5. Kacang Brazil (rendah selenium yang berkaitan mengatasi suasana hati yang kurang baik)

6. Biji labu (kaya magnesium, berkaitan mengatasi suasana hati yang kurang baik dan depresi)

7. Sereal (mengandung karbohidrat kompleks yang membantu memberikan triptofan ke otak yang digunakan untuk membuat hormon serotonin sehingga hati merasa baik)

8. Daging merah (mengandung zat besi untuk melawan kelelahan yang dapat menyebabkan suasana hati yang rendah)

9. Asparagus (salah satu sumber tanaman terkaya triptofan)

10. Kerang (salah satu sumber tertinggi vitamin B12 serta zat besi)

Sumber : Antara

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia