Advertisement

Ada Lho Pekerjaan Rumah Tangga yang Bikin Hubungan Renggang

Newswire
Kamis, 28 Juni 2018 - 16:35 WIB
Maya Herawati
Ada Lho Pekerjaan Rumah Tangga yang Bikin Hubungan Renggang Ilustrasi Pasangan - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Urusan rumah tangga adalah urusan kehidupan sehari-hari yang sepele. Keharmonisannya pun kerap kali tergantung beres tidaknya soal-soal remeh seperti mencuci baju, mengepel, atau mencuci piring.

Tidak semua pekerjaan rumah tangga diciptakan sama, tetapi ternyata tugas yang paling berpotensi merusak hubungan Anda dengan pasangan adalah mencuci piring.

Advertisement

Dalam sebuah laporan baru dari Council of Contemporary Families (CCF), hasil studi tentang dinamika hubungan dan bagaimana hubungannya dengan pekerjaan rumah tangga bersama termasuk belanja, mencuci piring, mencuci baju, dan membersihkan rumah sudah terungkap, dan sekarang saatnya untuk berbagi tugas.

Menurut temuan mereka, perempuan dalam hubungan heteroseksual yang lebih sering mencuci piring kotor dilaporkan lebih sering berselisih, kurang puas atas hubungan dengan pasangan dan kurang puas atas kebutuhan seksual dibandingkan perempuan yang berbagi tugas cuci piring dengan pasangannya.

Pentingnya bergiliran mencuci piring dibuktikan dari hasil penelitian yang menyatakan sumber kepuasan terbesar bagi perempuan di antara semua tugas rumah tangga adalah mencuci piring. Membersihkan piring kotor rasanya jorok, apalagi bila yang harus dibersihkan bukan piring Anda dan sudah lama teronggok di tempat cuci piring.

Tetapi faktor kotor hanyalah salah satu bagian dari ketidakpuasan hubungan yang terkait dengan mencuci piring. Dan Carlson, asisten profesor sosiologi di Universitas Utah, dan penulis utama studi tersebut mengatakan bahwa pekerjaan itu tidak menghasilkan pujian.

"Apa yang harus dikatakan? 'Oh, piring ini begitu ... gemerlapan?'" katanya seperti dikutip Independent.

 

Bukan Tugas Perempuan Saja

Tugas ini juga biasanya dianggap sebagai pekerjaan perempuan yang merasa mereka sendiri lebih rendah karena harus mengerjakan pekerjaan yang tidak mau dilakukan orang lain, kata Carlson, yang akibatnya berujung pada ketidakpuasan.

Namun, kabar baiknya adalah mencuci piring dan belanja kini adalah tugas yang dikerjakan kedua belah pihak. Pada 2006, 30% dari pasangan berbagi tugas belanja dan 29% mengatakan mereka berbagi tanggung jawab mencuci piring. Jadi pada saat pasangan Anda meminta Anda untuk mencuci piring, akan lebih bijak untuk mengiyakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pembangunan TPS Sementara Gadingsari di Bantul Jalan Terus, Lahan Masih Dibersihkan

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Tentara Israel Dikabarkan Siap Menyerang Kota Rafah di Gaza Selatan

News
| Rabu, 24 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement