Advertisement

Saat Kecil Banyak Diatur, ketika Dewasa Malah Susah Beradaptasi

Newswire
Rabu, 04 Juli 2018 - 14:35 WIB
Maya Herawati
Saat Kecil Banyak Diatur, ketika Dewasa Malah Susah Beradaptasi Ilustrasi anak-anak - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Orang tua zaman sekarang memiliki pola asuh terhadap anak-anak yang berbeda. Mereka tak lagi “penuh ketegangan” dan cenderung mengendorkan praktik feodalisme orang tua-anak yang diterapkan di masa lalu.

Pola asuh orang tua zaman dahulu dikenal dengan istilah helicopter parenting. Pola asuh yang terlalu mengendalikan anak ini banyak memiliki dampak negatif.  Anak-anak yang berasal dari orang tua yang terlalu mengendalikan cenderung berusaha keras di sekolah. Tak jarang mereka berperilaku buruk. Hal ini terungkap dalam hasil penelitian oleh para ahli di University of Minnesota.

Advertisement

Hasil penelitian menyatakan bila helicopter parenting dapat berdampak negatif terhadap kesejahteraan emosional anak yang membuat mereka kurang mampu mengendalikan diri dan mengatasi situasi sosial.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa anak-anak yang berada dalam pengasuhan drone parenting mungkin kurang mampu menghadapi tuntutan untuk bertumbuh, terutama untuk menavigasi lingkungan sekolah yang kompleks," ujar penulis utama penelitian Nicole Perry seperti yang dikutip dari Independent, belum lama ini.

Anak-anak yang sangat berada dalam kendali orang tuanya tidak dapat mengatur emosi dan perilaku mereka secara efektif untuk bertindak di ruang kelas serta memiliki kesulitan untuk mencari teman dan berjuang di sekolah.

Sebaliknya, anak-anak yang belajar untuk menangani situasi menantang tanpa campur tangan dari orang tua malah lebih sukses di kemudian hari. Hasil penelitian ini pun diterbitkan dalam jurnal Development Psychology oleh American Psychological Association.

“Anak-anak yang mengembangkan kemampuan secara efektif untuk menenangkan diri selama situasi menyedihkan dan melakukan tindakannya sendiri, lebih mudah menyesuaikan diri dengan tuntutan. Temuan kami menggarisbawahi pentingnya orang tua mendukung otonomi anak supaya penanganan tantangan emosionalnya menjadi lebih baik," kata Nicole.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rencana Pemda DIY Setelah TPA Piyungan Ditutup

Jogja
| Selasa, 23 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement