Advertisement

Punggung Kerap Sakit saat Bekerja, Ada Cara Mengatasinya

Eva Rianti
Jum'at, 06 Juli 2018 - 15:35 WIB
Maya Herawati
Punggung Kerap Sakit saat Bekerja, Ada Cara Mengatasinya Nyeri punggung - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA Punggung Anda akan rentan sakit seiring bertambahnya umur. Bahkan ketika bekerja. Tentu sangat mengganggu.

Masih ingatkah ketika kecil, orangtua atau guru menegur Anda ketika membungkuk dan menyuruh untuk duduk tegak guna mencegah masalah punggung? Ya, ajaran ini tidak salah.

Advertisement

Ketika kini Anda sudah bekerja, tidak jarang pula mengalami sakit punggung lantaran kerap membungkuk. Berikut  kiat menangani nyeri punggung di tempat kerja, seperti dilansir dari Boldsky:  

Pertama, dengarkan apa yang tubuh Anda rasakan.

Tubuh membutuhkan perhatian dan pemahaman, termasuk kondisi punggung. Jika gerakan tertentu menyebabkan rasa sakit pada punggung, maka berhentilah sejenak. Perhatikan tubuh Anda dan diskusikan dengan dokter tentang gerakan atau latihan yang paling cocok bagi tubuh Anda.

Kedua, Jangan beristirahat terlalu lama.

Setelah mengalami cedera, sebaiknya tidak tidur di tempat tidur selama lebih dari satu atau dua hari. Jika Anda tetap di tempat tidur lebih lama, otot Anda akan kehilangan kekuatan dan kemampuan secara bertahap untuk mendukung punggung. Tetaplah aktif sesuai dengan yang bisa Anda lakukan.

Ketiga, duduk dan berdirilah dengan aman.

Lindungi punggung Anda dengan postur yang baik. Duduk dan berdirilah dengan punggung yang rata. Saat duduk di tempat kerja, pastikan permukaan tempat kerja berada pada ketinggian yang nyaman. Untuk mendukung punggung Anda, gunakan bantal di kursi dan posisikan kursi pada ketinggian yang tepat dilengkapi dengan penyandar kaki.

Adapun, ketika tengah mengemudi, duduklah dengan nyaman dan hindari duduk di sofa yang rendah. Pada perjalanan panjang, beristirahatlah secara teratur selama beberapa menit.

Keempat, angkat dan pindah dengan aman.

Jika Anda bekerja di depan meja dalam waktu yang panjang, disarankan gantilah posisi sesering mungkin. Bangun, bergerak, dan lakukan peregangan setiap jam untuk menjaga punggung.

Saat melakukan kegiatan rumah tangga, seperti membersihkan perabotan, ingatlah untuk menjaga lekukan di punggung bawah. Saat mengangkat barang-barang, luruskan telapak kaki, kencangkan otot-otot perut, angkat kaki dan pegang erat-erat.

Kelima, menjaga berat badan yang sehat.

Mempertahankan berat badan yang sehat memiliki peran bagi punggung bawah Anda. Pasalnya, jika Anda mengalami obesitas, ada risiko terluka yang lebih besar pada punggung Anda. Juga, termasuk makanan kaya kalsium dan vitamin D akan membantu meningkatkan kekuatan tulang.

Keenam, hindari merokok.

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa merokok ada hubungannya dengan punggung Anda. Merokok dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke tulang belakang dan menyebabkannya bertambah cepat. Ini dapat menyebabkan risiko nyeri pinggang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement