Advertisement

Sayuran Mentah dan Telur Bisa Bantu Penyerapan Zat Penting

Sabtu, 07 Juli 2018 - 17:35 WIB
Maya Herawati
Sayuran Mentah dan Telur Bisa Bantu Penyerapan Zat Penting Ilustrasi salad telur - ist/tizona

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Makan sayuran mentah dicampur telur ternyata membantu tubuh memaksimalkan penyerapan karotenoid.  

Karotenoid  adalah pigmen yang memberi warna alami pada buah dan sayuran. Pigmen ini biasanya menghasilkan warna kuning cerah, merah dan oranye pada buah dan sayuran.  Manfaat senyawa alami karotenoid adalah melindungi keluarga Anda dari berbagai risiko penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh.  

Advertisement

"Warga Amerika Serikat kurang mengonsumsi sayuran. Dengan ini, kami berupaya meningkatkan nilai nutrisi sayuran sekaligus mengambil keuntungan dari kuning telur," kata ahli ilmu gizi dari Purdue University Wayne Campbell, dikutip dari laman sciencedaily.com.

Campbell dan rekannya mengadakan studi untuk melihat efek konsumsi telur terhadap penyerapan karotenoid dari salad sayuran mentah.

Dalam studi itu 16 pemuda yang sehat diminta memakan tiga versi salad: tanpa telur, dengan setengah telur orak-arik dan tiga telur orak-arik.

Mereka yang makan jumlah telur terbanyak dengan salad berisi tomat, wortel parut, bayam, selada, dan goji berry menyerap karotenoid lebih banyak tiga hingga sembilan kali.

Karotenoid yang terkandung di salad itu antara laim beta-karoten, alpha-karoten, likopen, lutein dan zeaxanthin, dua terakhir juga ditemukan di kuning telur.

"Lain kali, bila makan salad, tambahkan telur matang ke sayuran mentah. Tidak hanya lutein dan zeaxanthin yang ada di telur, tapi nilai sayuran juga bertambah," kata Campbell

Penelitian ini bermula dari studi mereka sebelumnya yang menunjukkan bahwa menambah minyak tertentu ke salad sayuran mentah akan menambah penyerapan karotenoid. Menurut Campbell, manfaat ini dapat dirasakan oleh semua orang dari segala usia.

Ia dan timnya berencana mengembangkan penelitian untuk melihat efeknya terhadap nutrisi yang larut lemak termasuk vitamin D dan E.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement