Advertisement

Para Ayah Juga Dianjurkan Memijat Bayi, Banyak Manfaatnya

Senin, 09 Juli 2018 - 18:35 WIB
Maya Herawati
Para Ayah Juga Dianjurkan Memijat Bayi, Banyak Manfaatnya   Ilustrasi ayah memijat bayi - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kedekatan hubungan antara bayi dan ayah bisa dibangun melalui pijatan.

"Boleh sama bapak? Boleh [pijat bayi]. Hubungan antara bayi dan bapak bisa bagus," ujar Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional, Kementerian Kesehatan, dokter Ina Rosalina di Jakarta, belum lama ini.

Advertisement

Ina mengatakan, selain membangun bounding antara orangtua dan bayi mereka, pijat bayi juga bermanfaat untuk tumbuh kembang optimal bayi.

"Anak dipijat dari ujung kepala sampai kaki. Ada yang mengarah menjauhi atau mendekati jantung. Kalori atau apapun yang dimakan bayi disalurkan, motorik lebih bagus, nafsu makan lebih baik. Saraf di daerah perut kita pijat. Semua sistem saraf jadi bagus," papar dia.

Dalam kesempatan yang sama, spesialis anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Bernie Endyarnie Medise, SpA(K), MPH menuturkan, bahwa anak-anak yang dipijat waktu tidurnya lebih panjang sementara waktu menidurkannya lebih pendek. Selain itu bayi yang dipijat juga menunjukkan pertambahan berat badan.

"Tangisan berkurang, stres bayi berkurang, nafsu makan lebih tinggi, memperbaiki sistem enzim [di bagian perut] sehingga makanan yang dimakan lebih mudah terabsorbsi sehingga pertambahan berat badan 47 persen lebih tinggi ketimbang bayi yang tidak dipijat) dan kemampuan komunikasi bayi terbentuk," papar Bernie.

Ina menambahkan, baik para ayah maupun ibu tak perlu khawatir melakukan kesalahan saat memijat bayi mereka, karena jika tekniknya benar tak akan membahayakan sang bayi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Lengkap KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement