Advertisement

Orang Tua Harus Sensitif, Jangan Sepelekan Perubahan Perilaku Anak

Newswire
Rabu, 11 Juli 2018 - 18:35 WIB
Maya Herawati
Orang Tua Harus Sensitif, Jangan Sepelekan Perubahan Perilaku Anak   Ilustrasi anak-anak - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, GORONTALO—Anak-anak yang tak bertingkah seperti biasanya harus diwaspadai. Para orang tua harus sensitif menanggapi perubahan perilaku anak.

Sekretaris Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Gorontalo, Salahudin Idris, Sabtu, meminta orang tua tidak sepelekan perubahan perilaku pada anak.

Advertisement

Ia mencontohkan bila anak lebih diam dari biasanya, ketakutan atau trauma, takut bertemu beberapa orang di lingkungannya maka orang tua harus menelusuri penyebabnya. Demikian halnya, bila anak sering mengeluh sakit di bagian tubuh tertentu, sulit buang air kecil maupun besar.

"Mencegah atau mengungkap kasus kekerasan maupun pelecehan seksual pada anak tidak mudah, orang tualah yang pertama kali mengetahuinya karena paling dekat dengan anak," jelasnya belum lama ini.

Orang tua juga diminta untuk tetap mengawasi anak dan lingkungan di sekitarnya, karena pelaku pelecehan seksual biasanya adalah orang-orang di sekitar anak.

Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo, Idah Habibie, yang juga merupakan Bunda PAUD Provinsi Gorontalo, menghimbau agar orang tua lebih memperhatikan anaknya terutama di usia dini. Ia mengatakan ada beberapa upaya untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual.

"Yang paling penting adalah membangun komunikasi dengan anak, karena komunikasi yang baik dapat membantu anak untuk memiliki kesadaran dan ketajaman perasaan terhadap apa yang mungkin terjadi pada dirinya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement