Orang Tua Harus Sensitif, Jangan Sepelekan Perubahan Perilaku Anak

Ilustrasi anak-anak - Reuters
11 Juli 2018 18:35 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, GORONTALO—Anak-anak yang tak bertingkah seperti biasanya harus diwaspadai. Para orang tua harus sensitif menanggapi perubahan perilaku anak.

Sekretaris Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Gorontalo, Salahudin Idris, Sabtu, meminta orang tua tidak sepelekan perubahan perilaku pada anak.

Ia mencontohkan bila anak lebih diam dari biasanya, ketakutan atau trauma, takut bertemu beberapa orang di lingkungannya maka orang tua harus menelusuri penyebabnya. Demikian halnya, bila anak sering mengeluh sakit di bagian tubuh tertentu, sulit buang air kecil maupun besar.

"Mencegah atau mengungkap kasus kekerasan maupun pelecehan seksual pada anak tidak mudah, orang tualah yang pertama kali mengetahuinya karena paling dekat dengan anak," jelasnya belum lama ini.

Orang tua juga diminta untuk tetap mengawasi anak dan lingkungan di sekitarnya, karena pelaku pelecehan seksual biasanya adalah orang-orang di sekitar anak.

Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo, Idah Habibie, yang juga merupakan Bunda PAUD Provinsi Gorontalo, menghimbau agar orang tua lebih memperhatikan anaknya terutama di usia dini. Ia mengatakan ada beberapa upaya untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual.

"Yang paling penting adalah membangun komunikasi dengan anak, karena komunikasi yang baik dapat membantu anak untuk memiliki kesadaran dan ketajaman perasaan terhadap apa yang mungkin terjadi pada dirinya," katanya.

Sumber : Antara