Karakter Film Berpengaruh bagi Kepribadian Anak

Ilustrasi anak menonton TV - Reuters
12 Juli 2018 18:35 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Karakter dalam film anak-anak bisa memengaruhi mereka. Jika karakter itu positif, anak-anak juga akan menerapkan dalam hidupnya. Orang tua harus waspada menemani anak dan mengecek film kartun yang mereka tonton.

Psikolog anak, Ratih Zulhaqqi, mengungkapkan karakter positif tokoh film animasi bisa menjadi media yang membantu anak menerapkan perilaku positif dalam hidupnya. Misalnya karakter positif tokoh yang gesit atau berani.

"Pada rentang usia tujuh hingga 12 tahun, anak memasuki level perkembangan concrete operational sehingga segala hal yang konkrit akan mudah mereka contoh. Pada level itu, anak lebih mudah mengingat dan mencontoh berbagai hal menarik yang dilakukan oleh karakter favorit mereka," ujar Ratih di Jakarta, belum lama ini.

Oleh karena itu, menurut Ratih, pada level ini, peran orang tua menjadi sangat signifikan untuk mengarahkan dan membantu anak fokus pada hal-hal positif, misalnya dalam membiasakan anak meminum susu.

"Anak perlu diajak untuk memaknai setiap sifat positif karakter positif mereka secara lebih nyata [konkret] sehingga memudahkan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," kata dia.

Ratih menambahkan, di samping melalui karakter tokoh film animasi, perilaku positif lainnya dapat orang tua ajarkan pada anak dengan menerapkan perilaku positif itu bersama anak.

"Misalnya saat mengajarkan anak meminum susu rutin, orang tua bisa ikut minum susu bersama anak. Ketika perilaku positif orang tua lakukan bersama anak-anak, maka akan mudah menerapkannya," kata dia.

Sumber : Antara