Advertisement

Diet Kantong Plastik Bisa Dilakukan, Ini Kiatnya

Newswire
Jum'at, 13 Juli 2018 - 17:35 WIB
Maya Herawati
Diet Kantong Plastik Bisa Dilakukan, Ini Kiatnya Ilustrasi sampah plastik - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sampah plastik belakangan ini kembali marak menjadi perbincangan. Diet kantong plastik pun menjadi solusi.

Tiza Mafira, Direktur Gerakan Diet Kantong Plastik Indonesia yang terpilih menjadi salah satu Ocean Heroes 2018 oleh Badan Lingkungan PBB (UN Environment), berbagi tiga kiat menekan penggunaan plastik demi yang sederhana tapi berdampak besar bagi lingkungan. Berikut ini kiatnya.

Advertisement

Bawa Kantong Belanja Sendiri

Ketimbang menggunakan plastik yang langsung berujung di tempat sampah setelah dipakai dalam waktu singkat, cari kantong pengganti yang lebih ramah lingkungan. Masukkan ke dalam tas setiap bepergian sehingga bisa dipakai sewaktu-waktu ketika dibutuhkan.

Bawa Peralatan Makan Sendiri

Alat makan plastik sekali pakai juga sering digunakan oleh gerai-gerai di acara luar ruangan seperti bazaar dan festival. Untuk menyiasatinya, kita bisa selalu membawa kantong kecil berisi sendok, garpu, sumpit serta sedotan yang terbuat dari stainless steel.

Memilih Sampah

Sampah organik dari dapur disulap menjadi kompos, sebagian sampah lainnya didaur ulang. Sisa sampah yang tidak bisa diapa-apakan lagi kemudian dikumpulkan ke dalam kantong besar yang akan ia berikan kepada tukang loak.

Tiza menambahkan, diet kantong plastik bukan berarti mengharamkan penggunaan kantong plastik, melainkan mengurangi pemakaian yang tidak diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu 24 April 2024: PPDB Kelas Olahraga hingga Hasil Arsenal vs Chelsea Skor 5-0

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement