Advertisement

Tiga Sayuran dan Buah Ini Bisa Menggantikan Susu

Newswire
Jum'at, 13 Juli 2018 - 20:35 WIB
Maya Herawati
Tiga Sayuran dan Buah Ini Bisa Menggantikan Susu Brokoli - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Anda butuh kalsium dan menyangkanya hanya bisa mendapatkannya dari susu. Namun jangan lupa, sumber kalsium yang sama dengan susu juga bisa berasal dari buah atau sayur.

"Semangka, misalnya, juga mengandung kalsium," kata Nutrition and Health Science Manager, Nutrifood Research Center Astri Kurniati di Jakarta belum lama ini.

Advertisement

Meskipun demikian, kandungan kalsium dalam makanan seperti semangka, brokoli dan bayam tidak sebanyak susu.  Astri menjelaskan kalsium dalam segelas susu ukuran 250 ml setara dengan 12 potong semangka ukuran besar, setengah kilogram brokoli, seperempat kilogram bayam dan sebelas butir telur.

Dia menambahkan anak usia empat hingga sembilan tahun butuh asupan kalsium sebanyak 1000 mg/hari, usia 10-18 tahun butuh 1.200mg/hari, usia 19-29 butuh 1100 mg/hari dan di atas 30 tahun butuh 1.000 mg/hari.

Pertumbuhan dan pembentukan tulang mencapai puncaknya pada usia 30 tahun sehingga "menabung kalsium" sejak dini penting untuk memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.  "Minum susu bagi orang di bawah 30 tahun berfungsi agar tulang semakin kuat, sementara bagi di atas 30 tahun untuk mencegah osteoporosis," kata dia.

Dia juga menganjurkan untuk mengonsumsi susu rendah lemak bila ingin mengurangi asupan lemak ke dalam tubuh. "Menurut database USDA, susu full cream mengandung lemak hampir tiga kali lipat lebih banyak jika dibandingkan susu skim," ujar dia.

"Menabung" kalsium menurut Astri merupakan investasi sehat jangka panjang dalam hal kesehatan tulang. Kurang kalsium mengakibatkan tulang cepat keropos sehingga memperbesar risiko patah tulang di usia senja.  "Osteoporosis bagai pintu dirayapin, terlihat kuat dari luar padahal rapuh," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement