Advertisement

Makanan Berzat Besi Sebaiknya Dikombinasi

newswire
Sabtu, 14 Juli 2018 - 19:35 WIB
Maya Herawati
Makanan Berzat Besi Sebaiknya Dikombinasi Ilustrasi kacang-kacangan - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Makanan mengandung zat besi yang berasal dari pangan nabati seperti sayuran dan kacang-kacangan tak boleh dikonsumsi asal. Makanan ini bisa menghambat saluran cerna.

"Sayur dan kacang-kacangan mengandung serat yang dapat menghambat saluran cerna sehingga dua jenis makanan ini sebaiknya diberikan dalam jumlah kecil dan dikombinasikan dengan sumber vitamin C," ujar spesialis nutrisi dan penyakit metabolik dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dokter Damayanti R Sjarif SpA(K), di Jakarta belum lama ini.

Advertisement

Sumber vitamin ini bisa tomat atau jeruk, karena bisa membantu penyerapan zat besi. Makanan seperti gulai daun singkong ditambah ikan teri, air jeruk dan tomat bisa menjadi pilihan.

Damayanti mengatakan kacang-kacangan sebaiknya direndam atau difermentasi dulu sebelum direbus atau diolah agar bisa diserap tubuh dengan baik.  "Kalau kacang-kacangan sebelum dimasak direndam dulu atau diferementasi baru direbus," kata dia.

Zat besi berperan penting dalam kesehatan salah satunya fungsi kognitif seperti berpikir dan IQ seseorang.  "Kalau kurang? Saraf enggak bisa tumbuh, berpikir lama, jangka panjang turun IQ bisa 10-15 turun. Ini juga terkait kemampuan matematika," kata Damayanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement