Orang Tua Bisa Mengajarkan Anak Suka Menulis, Ini Kiatnya

Ilustrasi anak-anak belajar menulis kalimat - ist/Reuters
15 Juli 2018 19:35 WIB newswire Lifestyle Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, JAKARTA—Kegiatan literasi pada anak-anak tak hanya bisa dilakukan dengan mendorong mereka rajin membaca. Ajarkan pula kepada anak-anak agar mereka rajin menulis agar kecerdasan anak-anak lebih tajam.

Pakar Edukasi Anak dari Wahana Visi Indonesia Nurman Siagian mengungkapkan menulis dengan tangan dapat mengasah berbagai keterampilan anak pada saat yang bersamaan. Antara lain berpikir kritis dan merangsang saraf motorik sehingga meningkatkan daya ingat, kreativitas, serta kecerdasan anak.  Berikut ini menumbuhkan semangat menulis kepada anak-anak.

Menulis Surat

Cobalah ajak anak untuk menulis surat berisi ungkapan sayang kepada orang tua dan minta dia menyelipkannya di pintu kamar selayaknya berkirim surat. Menurut Praktisi Mindful Parenting, Melly Kiong, menulis adalah cara komunikasi yang baik antara anak dengan orang tua. Melalui tulisan, anak dapat lebih bebas mengungkapkan perasaan, ide, dan imajinasinya sehingga orang tua bisa melihat talenta terpendam atau pun masalah yang sedang dihadapi anak.

Menulis Pesan Kecil

Ajak anak untuk menulis nama benda yang ia sukai kemudian minta dia menuliskannya di kertas memo warna-warni. Lalu tempelkan di salah satu dinding rumah atau kulkas. Orang tua bisa membantu menggambar benda yang ditulis anak dengan begitu kegiatan ini menjadi lebih menarik.

Menulis Buku Harian

Setiap waktu liburan tentu memiliki pengalaman unik bagi anak. Ajak dia untuk menuliskan pengalamannya di buku harian. Dengan begitu kreativitas menulisnya akan terasah.

Menulis Cerita

Cara lain yang bisa mengembangkan kreativitas menulis anak adalah mengajaknya menulis cerita. Anak bisa bebas menuangkan imajinasinya sesuai dengan cerita yang dikehendaki.

Pilih Tempat Menulis

Anak-anak cepat bosan dan jenuh jika belajar di satu tempat yang sama. Ajak ke tempat-tempat yang kondusif untuk menulis, seperti taman.  

Sumber : Okezone

Adplus Tokopedia