Advertisement

Kedekatan dengan Anak Bisa Dibangun via Aktivitas

newswire
Sabtu, 21 Juli 2018 - 14:35 WIB
Maya Herawati
Kedekatan dengan Anak Bisa Dibangun via Aktivitas   Ilustrasi bayi dipijat - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Proses membangun hubungan batin dan kedekatan atau bonding yang terjalin antara orang tua dengan anak memang harus dibangun. Bonding itu sendiri yang kemudian membuat si anak nyaman berada dekat dengan orang tuanya, dan membuat anak lebih sehat.

Dokter Spesialis Anak dari UKK Tumbuh Kembang-Pediatri Sosial, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dokter Bernie Endyarni Medise mengatakan ketika si ibu tahu betul bagaimana respons anaknya, maka dia akan tahu bagaimana kondisi tubuh si anak. Ini berkaitan dengan proses bonding yang terjalin di antara ibu dan anak.

Advertisement

"Salah satu aktivitas peningkat bonding adalah pijat bayi. Kegiatan ini memiliki manfaat yang baik untuk tumbuh kembang anak dan lebih jauh lagi, indera si bayi akan lebih berkembang karena sentuhan langsung ibu," katanya belum lama ini.

Bicara mengenai aktivitas lain yang bisa meningkatkan bonding, dr. Benie mengatakan, memandikan bayi langsung. Percaya atau tidak, melakukan aktivitas ini dengan perasaan senang akan membuat bayi Anda pun lebih sehat dan pertumbuhannya berjalan baik.

Secara detail, dokter Benie coba merincikan bagaimana aktivitas mandi bagi bayi sangat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Ini berkaitan dengan multisensory stimulation yang terjalin saat Anda memandikan bayi dengan perasaan bahagia.

"Harus diperhatikan dulu di sini bahwa saat Anda memandikan bayi, usahakan bangun aura positif. Lalu, jangan Anda memandikan bayi seperti cuci piring. Maksudnya di sini adalah Anda harus berbicara dengan bayi Anda. Ya, harus rewel, agar bayi Anda mendapat rangsangan tersebut," katanya.

Anak yang tumbuh dengan bonding yang kuat akan mencintai dan memercayai orang tua. Para ahli mengklaim, seorang anak cenderung tumbuh lebih cepat dan lebih sehat jika mereka dirawat dan diperhatikan secara sungguh-sungguh oleh orang tua.

Saat ikatan orang tua dan anak kuat, ketika besar dia akan menjadikan orang tua sebagai sahabat. Saat anak memiliki masalah, ia akan terbuka pada orang tuanya. Orang tua menjadi pendukung saat anak kecil dan anak akan melakukan hal yang sama saat orang tua lanjut usia. Seperti dikutip Boldsky, anak yang tumbuh dengan kondisi dan emosi yang stabil akan belajar lebih rajin, berusaha yang terbaik di bidang apa pun, dan membuat orang tua bangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dapat Bantuan Dana Rp14 Miliar, Ini Ruas Jalan yang Akan Diperbaiki Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Kamis, 25 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement