Advertisement

Kacang Kenari Bisa Mencegah Diabetes

newswire
Minggu, 22 Juli 2018 - 16:35 WIB
Maya Herawati
Kacang Kenari Bisa Mencegah Diabetes Kacang kenari - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kacang kenari atau walnut mengenyahkan hampir separuh risiko seseorang terkena diabetes tipe-2.

Hal itu dibuktikan dalam sebuah studi yang melibatkan 34.000 orang dewasa itu menunjukkan bahwa konsumsi kacang kenari sekitar tiga sendok makan berhubungan dengan 47% lebih rendah terkena diabetes tipe-2.

Advertisement

“Hubungan kuat antara konsumen kenari dan prevalensi rendah diabetes tipe-2 adalah pembenaran tambahan untuk memasukkan walnut dalam makanan. Penelitian lain menunjukkan bahwa walnut juga bermanfaat bagi fungsi kognitif dan kesehatan jantung, ”kata Lenore Arab dari University of California, Los Angeles (UCLA) belum lama ini seperti dilansir Indian Express.

Untuk penelitian ini, tim peneliti mengamati 34.121 orang dewasa berusia 18-85 tahun. Mereka menanyai para partisipan ini soal asupan makanan serta apakah terkena diabetes dan menggunakan obat untuk penyakitnya itu.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi kacang kenari menunjukkan risiko yang lebih rendah untuk diabetes Tipe-2 dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kacang tanpa memandang usia, jenis kelamin, ras, pendidikan, indeks massa tubuh dan aktivitas fisik.

Kenari adalah sumber yang kaya lemak tak jenuh ganda (13 gram per ons), dan satu-satunya kacang yang mengandung sejumlah besar asam alfa-linolenat (ALA) - asam lemak omega-3 nabati (2,5 gram per satu ons).

Makanan ini juga mengandung protein (4 gram per satu ons) dan serat (2 gram per satu ons). Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa konsumsi setengah cangkir kenari per hari dapat membantu melindungi sistem pencernaan karena meningkatkan jumlah bakteri probiotik dalam usus dan menangkal risiko penyakit jantung dan otak serta kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LKPJ Gubernur DIY 2023, DPRD Beri Catatan soal Penurunan Kemiskinan Belum Capai Target

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement