Advertisement

Sibuk Bekerja Tanpa ART, Ini Kiat Berbagi Tugas Membersihkan Rumah

newswire
Minggu, 22 Juli 2018 - 18:35 WIB
Maya Herawati
Sibuk Bekerja Tanpa ART,  Ini Kiat Berbagi Tugas Membersihkan Rumah Ilustrasi bersih-bersih rumah - ist/cleanmyspace

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Berkeluarga tanpa asisten rumah tangga (ART) banyak dilakukan keluarga muda belakangan ini. Pasangan yang sama-sama bekerja, sibuk memang kadang kewalahan membersihkan rumah. Apalagi jika sudah punya anak. Berikut ini tip membersihkan rumah seperti dilansir Times of India bagi pasangan tanpa ART

Baju anak penuh noda

Advertisement

Ada anak-anak di rumah, yang namanya terkena noda adalah hal yang sangat biasa dan sering terjadi. Jika mendapati baju anak-anak begitu kotor terkena noda kotoran, bersihkan dengan cara membuat campuran pembersih pengangkat noda yakni mencampurkan susu dan cuka putih (dalam rasio susu 2: 1 untuk cuka putih) lalu rendam semalaman baju-baju yang terkena noda tersebut. Begitu keesokan paginya, tadaa! Anda bisa mencuci baju-baju tersebut seperti biasa di mesin cuci dan noda-noda kotoran yang tertinggal akan hilang.

Membersihkan rak dan kaca

Selama ini terbiasa membersihkan furnitur di rumah yang kotor dan berminyak, misalnya rak atau kaca dengan cara menyemprotkan cairan pembersih baru disapu dengan kain bersih? Nah, alih-alih menggunakan kain lebih baik kain ini diganti dengan helaian lembar koran bekas. Tahukah Anda, dibandingkan kain biasa, sobekan kertas koran dikatakan lebih efektif untuk membersihkan karena kertas lebih menyerap kotoran dan air yang ada tanpa meninggalkan bekas.

Membersihkan tirai

Membersihkan tirai dengan kain atau handuk jadi pekerjaan yang sedikit tricky, apalagi ditambah kondisi tirai biasanya berbahan lembut dan rumit. Cara terbaik untuk membersihkan debu yang ada pada tirai ini adalah, dengan menggunakan jepit. Jepit tiap gulungan tirai, lalu tinggal diseka setiap slat nya.

Membersihkan karpet

Cara termudah membersihkan karpet yang penuh kotoran dan debu ialah dengan memanfaatkan alat vakum. Namun, pastikan membersihkan karpet menggunakan vacuum cleaner pun hasilnya harus sebersih saat karpet di dry-clean. Triknya mudah kok, sebelum divakum taburkan terlebih dahulu bubuk baking soda di atas karpet, diamkan selama sekiranya tiga puluh menit baru mulai proses memvakum karpet. Dengan trik sederhana ini, Anda akan melihat nyata perbedaannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pengadaan Lahan Tol Jogja-Bawen Capai 91 Persen, Pembayaran Ganti Rugi Bakal Dilakukan Dalam Waktu Dekat

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Mobil Mewah Harvey Moeis Disita Kejagung, Kali Ini Ferrari dan Mercy

News
| Jum'at, 26 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement