Advertisement

Ini Daftar Makanan yang Cocok untuk Lansia

newswire
Sabtu, 04 Agustus 2018 - 18:35 WIB
Maya Herawati
Ini Daftar Makanan yang Cocok untuk Lansia Bandeng Presto - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ada beberapa makanan yang cocok untuk warga lanjut usia (lansia). Makanan-makanan ini mudah dikunyah dan dicerna serta memiliki kandungan gizi yang cukup untuk orang lansia.

Berikut ini daftar makanan yang cocok untuk orang lansia dan juga disukai kaum muda:

Advertisement

Bandeng Presto

Ikan bandeng yang diolah dengan cara dipresto ini memiliki rasa yang lezat cukup mudah dikonsumsi, karena duri atau tulang-tulangnya sudah lunak, sehingga bisa langsung dikunyah tanpa harus khawatir tertusuk tulang. Ikan bandeng pun merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi baik, seperti omega 3 tinggi, EPA, DHA, dan ALA, serta protein tinggi.

Ayam Tulang Lunak

Ayam menjadi salah satu unggas yang sering dikonsumsi manusia. Ayam yang diolah jadi hidangan ayam goreng tulang lunak, tidak hanya nikmat disantap karena tulangnya sudah tidak keras lagi, dan bisa sampai habis dimakan. Kandungan gizi pada ayam juga bagus, karena mengandung protein, karbohidrat, kalori, lemak, dan kaya vitamin B dan mineral.

Bubur Ayam

Biasanya generasi muda pun menyantap bubur ayam saat sarapan. Hidangan yang berbahan dasar beras ini biasanya dikombinasikan dengan ayam suwir, sate ampela dan ati ayam, hingga kerupuk. Semangkuk bubur ayam bisa membuat kenyang perut hingga waktu makan siang tiba.

Nasi Ayam Hainan

Sepiring nasi hainam yang bercita rasa gurih tidak hanya cocok untuk orang-orang lanjut usia. Pasalnya, rasa asin yang tidak terlalu, wangi harum nasi, dan potongan ayam, ditambah kecap, membuat siapa saja tidak bisa menolaknya, karena benar-benar menggugah selera.

Cokelat Hitam

Generasi muda biasanya mengonsumsi cokelat hitam dalam bentuk kue atau dimakan langsung. Para lansia memakan cokelat hitam karena kandungan antioksidannya tinggi, manfaatnya bagi kesehatan pun luar biasa, seperti mampu menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan aliran darah ke otak, dan mencegah serangan jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement