Para Ibu Bisa Gembira lewat Hal Sederhana

Ilustrasi ibu dan anak - Reuters
06 Agustus 2018 20:35 WIB newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Kaum ibu, untuk bahagia sebenarnya tak perlu menunggu sampai semua kebutuhan tercukupi atau sekedar mendapat pujian dari pasangan atas suatu pencapaian dalam hidup.

Psikolog anak dan keluarga Vera Itabilina Hadiwidjojo, Psi, mengatakan, merasa bahagia bisa dimulai dari hal sederhana seperti memilih menu makanan sendiri saat makan bersama keluarga di sebuah restoran.

"Praktisnya, ibu khususnya memikirkan orang lain. Ibu juga harus memikirkan dirinya, mulai dari hal kecil seperti memesan makanan yang disuka di restoran. Hal-hal kecil seperti itu," kata dia di Jakarta, belum lama ini.

Di sisi lain, jangan membebankan diri untuk bisa melakukan segala hal dan tak perlu memberi standar tinggi pada sesuatu. Sebaiknya sesuaikan segalanya dengan realita dan jangan lupa bersyukur.  "Jangan paksakan semua dilakukan sendiri. Standar kita ke orang sekitar jangan terlalu tinggi, termasuk pasangan. Sesuaikan dengan realita yang ada," tutur Vera.

Menurut dia, bahagia adalah sebuah pilihan dan hal ini tidak akan menjadi sulit bila Anda menggantungkannya pada seseorang.

Sumber : Antara