Advertisement

Jet Lag Melelahkan, Ini Cara Mengatasinya

newswire
Minggu, 12 Agustus 2018 - 16:35 WIB
Maya Herawati
Jet Lag Melelahkan, Ini Cara Mengatasinya Ilustrasi tidur - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bepergian ke luar negeri dengan zona waktu yang berbeda dan jarak penerbangan yang sangat lama bisa bikin Anda jet lag. Kondisi ini bisa disebut sebagai mabuk udara yang disertai kebingungan ritme tubuh akibat zona waktu berbeda.

Menurut Dr. Michael Breus, jet lag terjadi ketika jam biologis seseorang lambat dalam menyesuaikan zona waktu dan tetap mengikut pola waktu dari zona waktu negara asal.

Advertisement

Ketika berpergian ke zona waktu baru, tubuh akan memberikan sinyal tidur, padahal saat itu masih siang hari, atau tubuh memberikan sinyal untuk bangun padahal waktu sudah menunjukkan larut malam.

Untuk mengatasi kondisi ini, Dr. Michael yang ditemui beberapa waktu lalu dalam acara temu media Princess Cruise, memiliki beberapa tips untuk membantu Anda menyesuaikan zona waktu baru yang lebih cepat.

Atur Cahaya

Mengatur paparan cahaya adalah cara paling efektif untuk mempercepat keselarasan ritme sirkadian (circadian rhythm) dengan zona waktu yang baru. Manfaatkan sinar matahari di pagi hari dan tutup jendela pada malam hari.

Kantuk

Tahan godaan kantuk saat siang hari, dan cobalah untuk tidak mengajak teman bersenang-senang saat malam hari. Waktu berolahraga dan makan juga dapat membantu mengatur jam tubuh lebih cepat.

Habiskan Energi

Jika bepergian melintasi beberapa zona waktu, hari pertama dalam perjalanan merupakan fase transisi waktu. Tandai waktu dimana Anda biasanya merasa bugar sesuai zona waktu asal. Jika semangat bugar hadir di tengah hari, lakukan kegiatan yang menuntut energi. Ketika tubuh menyesuaikan dengan zona baru, maka segera akan meninggalkan ketergantungan terhadap zona waktu lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Duh, Desentralisasi Sampah DIY Mundur Lagi Menjadi Mei 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement