Jet Lag Melelahkan, Ini Cara Mengatasinya

Ilustrasi tidur - Reuters
12 Agustus 2018 16:35 WIB newswire Lifestyle Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, JAKARTA—Bepergian ke luar negeri dengan zona waktu yang berbeda dan jarak penerbangan yang sangat lama bisa bikin Anda jet lag. Kondisi ini bisa disebut sebagai mabuk udara yang disertai kebingungan ritme tubuh akibat zona waktu berbeda.

Menurut Dr. Michael Breus, jet lag terjadi ketika jam biologis seseorang lambat dalam menyesuaikan zona waktu dan tetap mengikut pola waktu dari zona waktu negara asal.

Ketika berpergian ke zona waktu baru, tubuh akan memberikan sinyal tidur, padahal saat itu masih siang hari, atau tubuh memberikan sinyal untuk bangun padahal waktu sudah menunjukkan larut malam.

Untuk mengatasi kondisi ini, Dr. Michael yang ditemui beberapa waktu lalu dalam acara temu media Princess Cruise, memiliki beberapa tips untuk membantu Anda menyesuaikan zona waktu baru yang lebih cepat.

Atur Cahaya

Mengatur paparan cahaya adalah cara paling efektif untuk mempercepat keselarasan ritme sirkadian (circadian rhythm) dengan zona waktu yang baru. Manfaatkan sinar matahari di pagi hari dan tutup jendela pada malam hari.

Kantuk

Tahan godaan kantuk saat siang hari, dan cobalah untuk tidak mengajak teman bersenang-senang saat malam hari. Waktu berolahraga dan makan juga dapat membantu mengatur jam tubuh lebih cepat.

Habiskan Energi

Jika bepergian melintasi beberapa zona waktu, hari pertama dalam perjalanan merupakan fase transisi waktu. Tandai waktu dimana Anda biasanya merasa bugar sesuai zona waktu asal. Jika semangat bugar hadir di tengah hari, lakukan kegiatan yang menuntut energi. Ketika tubuh menyesuaikan dengan zona baru, maka segera akan meninggalkan ketergantungan terhadap zona waktu lama.

Sumber : Suara.com

Adplus Tokopedia