Advertisement

Duduk Terlalu Lama, Jangan Lupa Peregangan Ya

newswire
Minggu, 19 Agustus 2018 - 20:35 WIB
Maya Herawati
Duduk Terlalu Lama, Jangan Lupa Peregangan Ya Ilustrasi peregangan - Huffpost

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Orang yang memiliki kebiasaan duduk dengan posisi tubuh yang sama dalam jangka waktu lama rentan terkena penyakit jantung, stroke, paru-paru, ginjal dan lainnya. Tak hanya itu, mereka juga memiliki risiko untuk mengalami kegemukan dan gula darah tinggi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mencoba beberapa langkah mudah berikut ini, seperti dilansir Lifehealth:

Advertisement

Lakukan  peregangan

Lakukanlah peregangan setiap 10 menit sekali. Aktivitas ini dapat merenggangkan sendi dan otot-otot tubuh yang kaku, sehingga Anda dapat terhindar dari rasa nyeri dan kram akibat duduk terlalu lama. Lakukan aktivitas ini sebanyak lima hingga enam kali sehari.

Sempatkan latihan kebugaran saat waktu makan siang

Daripada menghabiskan waktu makan siang dengan mengobrol, lebih baik Anda berlatih singkat kebugaran tubuh. Rutinitas ini dapat membuat tubuh menjadi aktif dan mencegah timbulnya masalah yang berkaitan dengan kesehatan.

Berdiri

Berdiri untuk beberapa waktu dapat membuat otot tubuh menjadi aktif dan bisa membakar lebih banyak kalori. Selain itu, aktivitas ini juga mampu mengurangi beberapa risiko masalah kesehatan seperti jantung dan penyakit metabolik.

Manfaatkan tangga

Tak melulu menggunakan lift atau eskalator, Anda juga bisa memanfaatkan tangga untuk naik turun lantai. Menggunakan tangga tak hanya membuat tubuh menjadi sehat, tetapi juga bisa membakar kalori. Tak hanya itu, kegiatan ini juga bisa meminimalisir risiko timbulnya obesitas.

Lakukan latihan penguatan bahu

Anda bisa juga melakukan latihan penguatan bahu. Caranya, Anda cukup duduk dalam posisi tegak, lalu posisikan kaki rata dengan tanah. Setelah itu angkat tangan ke bagian sisi kanan dan kiri kepala dan jaga siku tetap di sisi luar. Pada posisi ini, tariklah nafas dan tahan selama 30 detik kemudian lepaskan. Latihan ini dapat memperkuat otot bahu Anda.

Anda memiliki banyak masalah kesehatan karena kerap duduk dalam waktu yang lama. Jadi, mulai saat ini Anda perlu menjaga tubuh tetap aktif dan rutin melakukan aktivitas fisik agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement