Advertisement

Hal-Hal Ini Bikin Bibir Anda Kering

newswire
Senin, 27 Agustus 2018 - 18:35 WIB
Maya Herawati
Hal-Hal Ini Bikin Bibir Anda Kering Ilustrasi bibir - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bibir kering dan pecah-pecah tak melulu disebabkan udara yang sangat dingin. Ada kebiasaan kecil Anda yang ternyata memicunya.

Seperti silansir Readersdigest, berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat bibir Anda kering:

Advertisement

  1. Menjilat bibir

Banyak yang berpikir bahwa menjilat bibir adalah upaya untuk membasahi dan membuat bibir tidak kering. Namun ternyata, hal ini justru membuat bibir kering.

"Air liur mengandung enzim yang dapat mengeringkan juga mengiritasi kulit bibir," jelas Neil Sadick, MD, Pendiri dan direktur Sadick Dermatology di New York.

Solusi yang baik adalah sebaiknya gunakan lip balm yang dapat melembabkan setiap kali Anda merasakan dorongan untuk menjilat bibir.

  1. Salah memilih pasta gigi

Menyikat gigi secara teratur memang akan menjaga gigi berlubang dan sangat penting untuk kebersihan mulut. Tetapi pemilihan pasta gigi yang salah dapat berdampak buruk bagi bibir Anda. Jika Anda merasa pasta gigi yang digunakan menjadi alasan bibir kering, cobalah merk lain dengan daftar bahan yang berbeda dari pasta gigi yang sebelumnya. Cari tahu kesalahan dalam menyikat gigi umum lainnya yang mungkin Anda perbuat.

  1. Salah memilih lip balm

Tidak semua lip balm ternyata dapat membuat bibir Anda lembap. Anda juga harus cermat dalam memilih lip balm yang digunakan. Hindari lip balm yang mengandung bahan-bahan kering seperti wewangian buatan dan pastikan lip balm Anda mengandung bahan pelembab termasuk cocoa butter atau oatmeal koloid.

  1. Gemar mandi dengan air panas

Mandi dengan air yang panas terutama di pagi hari memang sangat nyaman. Namun ternyata, mandi dengan air yang panas malah membersihkan minyak pelindung kulit dan membuatnya menjadi kering, kencang dan gatal. Sebagai gantinya, mandilah dengan air hangat yang tidak terlalu panas untuk menghindari kulit kering.

  1. Tidak menggunakan pelindung matahari

Kesalahan terbesar yang mungkin sering diabaikan adalah tidak melindungi kulit bibir dari sinar UV. Untuk menjaga kulit bibir agar tetap sehat, gunakan emolien saat berada di dalam dan di luar ruangan, dan menerapkan SPF 30 pada siang hari. Selain itu, orang-orang yang telah mengekspos bibir mereka yang tidak terlindungi dari kerusakan akibat sinar matahari memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker kulit bibir termasuk karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa.

  1. Obat-obatan

Jika obat dapat menyebabkan mulut kering, hal tersebut dapat mengakibatkan bibir juga kering dan pecah-pecah. Para ahli memperingatkan, bahwa banyak sekali obat yang dijual bebas dan diresepkan termasuk obat antidepresan, antihistamin, obat anti-kecemasan, dekongestan, pelemas otot, dan obat pereda nyeri dapat mengakibatkan mulut kering menurut Mayo Clinic. Tanyakanlah kepada dokter ataupun apoteker, apakah obat Anda mungkin menyebabkan bibir kering dan pecah-percah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Selama Libur Lebaran, Dishub Bantul Bakal Tempatkan Petugas Jaga di Sejumlah Jalur Tengkorak

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sempat Ditangkap, Jambret di Jaksel Kabur Pakai Mobil Patroli Polisi

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement