Advertisement

Yuk Kendalikan Nafsu Makan dengan Omega-3

Newswire
Jum'at, 31 Agustus 2018 - 20:35 WIB
Maya Herawati
Yuk Kendalikan Nafsu Makan dengan Omega-3 Makanan mengandung Omega-3 - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Porsi makan berlebihan terkadang bisa terjadi karena kita tak bisa mengendalikan rasa lapar, yang merupakan pengingat saat tingkat energi melalui nutrisi dalam tubuh kita tak cukup lagi.

Tetapi, hal ini tak akan terjadi jika kita memasukkan asupan kaya asam lemak Omega-3 dalam menu makanan. Asam lemak Omega-3 dalam bahan makanan seperti ikan dan biji rami, kenari dan biji chia memiliki kemampuan mengendalikan rasa lapar sehingga porsi makan tak berlebihan.

Advertisement

Ahli gizi asal India, Nmami Agarwal dan rekannya Sonia Narang, menyebutkan, bahan kimia penekan nafsu makan yakni PUFA dalam asam lemak Omega-3 lah memiliki kemampuan untuk menahan rasa lapar.

Zat ini juga membantu meningkatkan tingkat leptin, yang berhubungan dengan pemeliharaan berat badan. Asupan makan yang bisa ditekan, menyebabkan penurunan berat badan.

Selain itu, Omega-3 juga meningkatkan kadar serotonin, sehingga menyebabkan turunnya hasrat makanan dan membuat perut terasa kenyang tanpa terlalu banyak makan.

Oleh karena itu, memakan segenggam kenari bisa menjadi kunci untuk menurunkan berat badan karena bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Asam lemak omega-3 juga terdiri dari Asam alfa-linolenat (ALA), Asam Eicosapentaenoic (EPA) dan Asam Docosahexaenoic (DHA). EPA dan DHA ditemukan dalam minyak ikan, sementara ALA ditemukan di beberapa minyak nabati, biji rami dan kenari.

Ketiganya memainkan peran penting dalam fungsi kognitif, pertumbuhan normal dan perkembangan tubuh manusia.

Bagi penderita diabetes, konsumsi makanan kaya asam lemak omega-3 dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Zat ini juga membantu membakar lemak yang tersimpan untuk energi, sehingga membantu kita menumpahkan ekstra lemak. Demikian seperti dilansir laman Indian Express.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Siap-Siap! Desain Paspor Bakal Berubah Tahun Ini

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement