Advertisement

Wah, Indeks Kebahagiaan Orang Indonesia Naik Lho

Eva Rianti
Senin, 03 September 2018 - 19:35 WIB
Maya Herawati
Wah, Indeks Kebahagiaan Orang Indonesia Naik Lho Ilustrasi - Testube

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan indeks kebahagiaan Indonesia mengalami peningkatan dari 68,28 pada 2014 menjadi 70,69 pada 2017 dengan skala 0 –100. 

Indeks kebahagiaan Indonesia ini disusun oleh tiga dimensi yaitu kepuasan hidup yang memiliki kontribusi terbesar sebanyak 35%, perasaan 31%, dan makna hidup 34%. 

Advertisement

Berdasarkan laporan ini, dimensi keharmonisan keluarga (indikator kepuasan hidup sosial) memiliki nilai dan pengaruh yang paling tinggi dalam kebahagiaan seseorang yaitu sebesar 80,05.

Hal ini sejalan dengan temuan dari salah satu studi terpanjang selama 75 tahun dan terlengkap yang pernah ada, Harvard Study of Adult Development, yang menyatakan bahwa memiliki hubungan yang dekat dan berkualitas dengan keluarga dan orang terdekat membuat seseorang menjalani hidup dengan lebih sehat dan bahagia.

Menanggapi data BPS tersebut, psikolog sekaligus presenter televisi Intan Erlita mengatakan bahwa masyarakat Indonesia saat ini memang berubah lebih bahagia.

“Orang-orang Indonesia memang sekarang sudah happy ya,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (30/8/2018).

“Indeks itu naik sudah pasti, karena banyaknya fasilitas yang tersedia bagi keluarga Indonesia untuk memiliki quality time yang nyaman,” jelasnya.

Intan menuturkan bahwa pemerintah maupun pihak swasta banyak memberikan fasilitas yang baik kepada masyarakat. Contoh fasilitas yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan quality time masyarakat Indonesia adalah Car Free Day (CFD).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement