Idealnya Sekolah Anak Usia Dini Ajarkan Apa? Ini Penjelasan Psikolog

Ilustrasi anak-anak - Reuters
15 September 2018 19:35 WIB newswire Lifestyle Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia

Harianjogja.com, JAKARTA—Perdebatan tentang umur ideal anak mulai mengenal sekolah memang tak pernah usai.

Lantas, apakah sebenarnya ada patokan usia untuk anak bersekolah? Psikolog anak, remaja, dan keluarga Jovita Maria Ferliana, punya pandangan tersendiri.

"Kalau untuk anak di sekolahkan, kita samakan persepsi dulu. Sekolah [anak usia dini] itu tidak sama dengan sekolah pada umumnya. Mungkin ada orangtua berpikir, 'Aduh kasihan anakku di sekolahin, nanti kecapekan, stres', tapi sekolah ini kita sesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Kalau preschool atau anak usia dini yang namanya sekolah dia [anak] bukan belajar teori, tapi belajar yang namanya practical life," tutur Jovita, belum lama ini.

Menurutnya pelajaran di sekolah anak usia dini lebih ke praktik kehidupan. Alasannya karena anak akan melakukan hal-hal yang dia lihat. "Anak belajar dari imitasi yang dia lihat dan memang yang sudah diberikan kepada dia. Jadi informasi yang datang itu sangat penting," kata Jovita.

 

Usia Dini

Menurut dia sekolah usia dini biasanya mengajarkan anak untuk mencuci tangan sebelum makan, mengantre giliran, berkomunikasi dengan teman, sosialisasi, menyapa guru, dan menempatkan diri dengan teman-temannya.

"Semuanya itu diajarkan dengan cara yang menyenangkan tentunya. Diajarkan dengan cara bermain karena memang anak usia bermain," tambah Jovita.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bila sekolah usia dini berperan penting dalam pembentukan kreativitas anak. Dari kegiatannya di sekolah, anak juga belajar melihat sebuah permasalahan dari berbagai sisi. Hal ini mengajarkan anak untuk mampu menghadapi tantangan di masa depan dan siap bersaing dengan orang lain. Dengan begitu anak akan menjadi seorang pribadi yang fleksibel.

"Bila sudah sama persepsinya, maka di sini sekolah diperlukan sejak anak usia dini yaitu dua tahun," ujar Jovita.

Meski begitu, semua kembali lagi kepada keputusan orangtua masing-masing. Kalaupun ingin menyekolahkan anak sejak usia dini, pilihlah sekolah yang membuat anak merasa nyaman dengan program-program yang diberikan.

Sumber : Okezone

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia