Minuman Sehat Ini Patut Anda Coba di Pagi Hari

Aneka jus buah dan sayur untuk kesehatan - Istimewa
08 Oktober 2018 18:35 WIB Gloria Fransisca Katharina Lawi Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA –  Seperti apa ritual pagimu? Apakah mandi cepat, sarapan cepat, dan bergegas bekerja? Jika ini adalah rutinitas pagi Anda, maka perlu diubah dengan meminum sesuatu yang sehat pada pagi hari.

Ketika tidur, tubuh tidak dilengkapi dengan cairan yang diperlukan. Oleh karena itu, ketika bangun pagi hari, penting untuk menghidrasi tubuh dengan minuman sehat, bukan kopi atau teh.

Berikut daftar minuman yang harus Anda minum pada pagi hari. seperti dikutip dari Boldsky.com, Kamis (4/10/2018):

1. Jeera Water

2. Ajwain Water

3. Infused Water

4. Coconut Water

5. Juice Sayuran

6. Jus Goji Berry

7. Jus Aloe Vera

8. Teh Jahe

9. Jus Tomat

 1. Jeera Water

Jeera atau biji cumin dikenal karena khasiatnya meningkatkan pencernaan. Ini dapat membantu merangsang sekresi enzim pencernaan dan mempercepat proses pencernaan, sehingga membantu melawan masalah perut. Air jeera adalah pendorong energi yang meningkatkan energi pada pagi hari dan mengusir kelesuan.

Cara membuatnya: tambahkan 1 sendok teh jeera ke secangkir air dan didihkan. Saring dan minum dalam perut kosong.

 2. Ajwain Water

Berasal dari biji carom, memiliki sifat karminatif karena adanya timol, minyak esensial yang memperbaiki pencernaan, mengobati keasaman dan meningkatkan penurunan berat badan. Timol hadir dalam biji karom, melepaskan cairan di lambung, sehingga mempercepat proses pencernaan.

Cara membuatnya: Tambahkan setengah sendok teh biji ajwain ke 1 cangkir air dan didihkan. Biarkan dingin, saring dan minum.

 3. Infused  Water

Jika Anda bosan minum air biasa, mengapa tidak mencoba menambahkan sesuatu seperti herbal, sari apel, mentimun atau buah seperti lemon atau jeruk untuk meningkatkan rasa air?

Lemon dan jeruk mengandung vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh. Sari apel meningkatkan metabolisme, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan penurunan berat badan. Timun membuat tubuh terhidrasi dan mengeluarkan toksin.

Cara membuatnya: tuang air ke dalam kendi, sekarang tambahkan salah satu dari bahan-bahan di atas dan simpan selama 2 hingga 4 jam di kulkas untuk menanamkan rasa. Untuk menghemat waktu pada pagi hari, simpan semalam dan keluarkan bahan dari air dan minum.

4. Air Kelapa

Meminum air kelapa dalam perut kosong di pagi hari memberi banyak manfaat bagi tubuh anda. Ini mengandung asam laurat yang membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat metabolism, dan memfasilitasi penurunan berat badan. Air kelapa kaya vitamin dan mineral termasuk elektrolit. Ini mengandung dua natrium dan kalium elektrolit penting yang penting untuk membuat Anda terhidrasi.

5. Jus Sayuran

Minum jus alami memberi tubuh Anda antioksidan dan nutrisi. Tubuh menyerap nutrisi lebih baik ketika sayuran dikonsumsi dalam bentuk jus. Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale terbukti meningkatkan tingkat energi tubuh. Pilih sayuran dengan zat besi tinggi karena mereka membantu menyuplai oksigen ke sel Anda dan melawan kelelahan pada pagi hari.

Cara membuatnya: secara kasar potong sayuran yang Anda gunakan. Tambahkan blender dengan air biasa atau air kelapa.

6. Goji Berry Juice

Satu bungkus goji berry memberi manfaat kesehatan. Goji berry adalah salah satu makanan padat nutrisi yang mengandung beberapa vitamin, mineral, antioksidan dan delapan asam amino esensial. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum jus goji berry di pagi hari meningkatkan tingkat energi, meningkatkan kinerja atletik, mengurangi kelelahan dan meningkatkan fokus mental.

Cara membuat: dalam blender, tambahkan 1 cangkir goji berry dan sekitar 600 ml air kelapa lunak.

7. Jus Lidah Buaya

Jus lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan gastrointestinal dan bermanfaat bagi mereka yang menderita sindrom iritasi usus. Jus ini membantu untuk melawan dan menyembuhkan pencernaan yang buruk, sembelit, keasaman dan gas, dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Cara membuatnya: kerokan daun lidah buaya untuk mengekstrak gel putih. Ambil 2 sendok makan gel lidah buaya dan masukkan blender. Tambahkan 3 gelas air dan campurkan.

8. Teh Jahe

Menghirup teh jahe pada pagi hari dapat mengurangi diare, dan ketidaknyamanan perut karena jahe mengandung gingerol, suatu zat dengan sifat obat yang kuat. Selanjutnya, jahe mengurangi nyeri dan nyeri otot dan meminumnya setelah latihan pagi akan menguntungkan Anda.

Cara membuatnya: kupas dan parut jahe dan tambahkan secangkir air. Didihkan dan tambahkan jus dari 1 lemon. Saring dan minum itu.

9. Jus Tomat

Cara lain yang bagus untuk memulai pagi Anda adalah dengan minum segelas jus tomat. Tomat mengandung sekitar 95% air yang membuat tubuh Anda terhidrasi. Ini juga merangsang sistem pencernaan Anda, memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan melawan infeksi karena jumlah yang kaya vitamin A dan C. Jus tomat juga bertindak sebagai minuman detoksifikasi yang hebat.

Cara membuatnya: tambahkan 1 potong dadu tomat dan 3 gelas air ke dalam blender. Tambahkan beberapa tetes jus lemon dan aduk hingga halus.

 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia