Advertisement

Ciri Khas Traveller Indonesia: Hobi Booking Mendadak

Dhiany Nadya Utami
Rabu, 10 Oktober 2018 - 16:07 WIB
Nugroho Nurcahyo
Ciri Khas Traveller Indonesia: Hobi Booking Mendadak Industry Manager (Travel) Google Indonesia Zulfi Rahardian memberikan penjelasan pada jumpa pers di Jakarta, Selasa (9/10/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Para pelancong Indonesia ternyata tak membutuhkan waktu lama untuk riset sebelum melakukan perjalanan. Bahkan, perilaku pelancong menunjukkan kecedenrungan untuk memesan hotel di waktu-waktu terakhir alias mepet hari H.

Berdasarkan studi yang dilakukan Google dan TNS, sebanyak 96% pemesan hotel mengatakan riset merupakan hal yang penting dilakukan sebelum memutuskan untuk melakukan pemesanan.

Advertisement

Rata-rata pelancong di Indonesia membutuhkan waktu 13 hari untuk riset sebelum memutuskan untuk melakukan pemesanan hotel. Jangka waktu tersebut terbilang cepat jika dibandingkan dengan traveler dari negara lain seperti Jepang (22 hari) dan Selandia Baru (25 hari). 

Menurut Industry Manager - Travel Google Indonesia Zulfi Rahardian, hal yang pertama kali menjadi pertimbangan bagi pelancong Indonesia adalah harga dan lokasi akomodasi. Kemudian, baru mulai mempertimbangkan aspek lainnya seperti promosi, fitur yang ditawarkan hotel, dan kawasan sekitar hotel.

 Terakhir, sebelum benar-benar memesan kamar, maka pertimbangan utama kembali pada harga, promosi, dan ketersediaan. “Price and promo masih jadi aspek utama buat masyarakat Indonesia,” tuturnya di Kantor Google Indonesia, di Jakarta, Selasa (9/10/2018).

 Zulfi juga mengatakan dalam kondisi hari-hari biasa, 24% dari seluruh pemesan hotel melakukan booking pada waktu-waktu terakhir yakni 1 hari sebelum keberangkatan atau bahkan pada hari keberangkatan itu sendiri. Angka tersebut membengkak pada waktu peak season atau musim puncak liburan hingga sekitar 32%.

“Orang-orang semakin spontanious, mereka merencanakan trip-nya pada akhir-akhir. Misalnya mendadak ingin pergi berlibur saat weekend atau tadinya cuma mau pergi sehari, tapi tiba-tiba memutuskan buat extend,” papar Zulfi.

Vice President of Marketing Traveloka Kurnia Rosyada mengatakan bahwa dia melihat adanya tren yang sama di layanan mereka, terutama untuk tujuan dalam negeri yang tidak terlalu jauh dari tempat asal pelancong.

“Kalau [destinasi liburan] yang dekat kan lebih familier jadi lebih spontan, kalau yang jauh misalnya ke Tokyo itu kan butuh perencanaan jadi biasanya lebih terencana,” ujar Kurnia.

 Maka dari itu, kata Kurnia, mereka juga membuat fitur khusus yang memudahkan pengguna untuk melakukan pemesanan instan pada waktu-waktu terakhir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement