Advertisement

Kebanyakan Tidur Performa Otak Bisa Menurun

newswire
Selasa, 16 Oktober 2018 - 10:35 WIB
Maya Herawati
Kebanyakan Tidur Performa Otak Bisa Menurun Ilustrasi tidur - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kurang tidur dan kebanyakan tidur sama-sama berdampak buruk lho.

Para peneliti dari Western University's Brain and Mind Institute di Kanada menemukan, kebanyakan tidur berdampak buruk untuk sejumlah fungsi kognitif seperti kemampuan mengidentifikasi hal-hal kompleks dan menyelesaikan masalah.

Advertisement

Sementara orang-orang mendapatkan waktu tidur cukup yakni sekitar tujuh hingga delapan jam berhubungan dengan fungsi kognitif yang lebih baik.

"Kami menemukan bahwa orang-orang terlalu banyak tidur merasakan dampak buruk yang sama dengan mereka yang kurang tidur. Jumlah optimum durasi tidur untuk menjaga performa otak adalah tujuh sampai jam setiap malam," kata Conor Wild seperti dilansir Medical News Today.

Untuk sampai pada hasil ini, para peneliti mengumpulkan data dari 40.000 partisipan sejak Juni 2017.  Temuan awal peneliti yang menganalisis 10.000 orang sudah dipublikasikan dalam jurnal Sleep.

Demi mendapatkan pemahaman yang lebih detil, mereka menggali data lebih dalam dari partisipan. "Kami menggunakan kuesioner yang cukup luas, dan mereka memberi tahu kami hal-hal seperti obat yang partisipan gunakan, berapa usia mereka, di mana mereka berada di dunia, dan jenis pendidikan yang mereka terima karena ini adalah semua faktor yang mungkin telah berkontribusi untuk beberapa hasil," kata Adrian Owen, salah satu peneliti.

Dia mengatakan, cara ini memberi para ilmuwan kesempatan untuk menguji berbagai teori dan mendapatkan pemahaman tentang bagaimana kuantitas tidur dapat memengaruhi orang.

Para partisipan juga menjalani 12 tes kognitif yang sudah terbukti sehingga jumlah tidur dapat dikaitkan dengan kemampuan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement