Dari Tas hingga Noda, Ini Tips Berbusana agar Tetap Gaya

Ilustrasi baju hitam - Reuters
11 November 2018 10:35 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Gaya berpakaian menjadi cara seseorang mengekspresikan kepribadiannya. Penata gaya Alva Susilo mengatakan agar seseorang dapat tampil maksimal dalam berpakaian harus memperhatikan perencanaan dalam berpakaian, mencakup pakaian dasar yang harus dimiliki seseorang, pola dan warna, hingga sentuhan akhir.

Berikut tips berbusana dari Alva susilo:

1. Perhatikan pakaian sebulan

Simak pakaian yang akan dikenakan selama sebulan. Bila belum bisa sebulan, cobalah mulai dari seminggu atau dua sampai tiga hari sehingga tidak perlu mengobrak-abrik lemari pakaian, ujar Alva belum lama ini.

2. Hindari kusut dan noda

Sebagus apapun pakaian kalau terlihat kusut, kusam, dan banyak noda itu tidak akan terlihat keren.

3. Usahakan memiliki kemeja putih

Anda dapat menciptakan banyak ‘look’ dengan memadukan dengan bawahan atau outer, dan lain sebagainya, imbuh Alva.

4.  Kenakan strap sandals

Fashion stylist dari aktris Prilly Latuconsina ini menyarankan agar para perempuan memiliki strap sandals yang bisa digunakan dalam segala acara dan mudah untuk mix and match-nya.

5. Tonjolkan siluet badan

Pilih pakaian yang menonjolkan siluet badan, entah itu pinggang, tangan, atau kaki

“Orang itu akan fokus pada keunggulan bagian tubuhmu,” tutur Alva.

6. Warna hitam dan putih

Tidak ada yang salah dengan warna hitam dan putih, lanjutnya, sehingga investasilah pada pakaian dan celana berwarna hitam dan putih.

7. Kombinasi warna

pasangkan baju berwarna terang dengan bawahan berwarna netral, style seperti ini membantu kamu menciptakan ilusi badan lebih terlihat tinggi.

8.Padukan busana bergambar dengan motif garis

Disarankan, agar memadukan pakaian bergambar (print) dengan pakaian motif garis-garis, sehingga Anda dapat menggunakan bermacam motif tanpa terlihat berlebihan.

9.Padukan busana warna terang dengan agak terang

Tips kesembilan, pasangkan pakaian bermotif terang dengan yang bermotif agak terang untuk memberikan statement look, tutur fashion stylist Titi Kamal ini.

10. Tampil gombrong

 Bagi Anda yang menyukai tampil gombrong, sambung Alva, tambahkan lapis pakaian kamu yang lebih gombrong atau panjang dengan pakaian ketat atau pendek untuk menciptakan layering look.

11. Tas

Gunakan tas yang bisa menjadi tas genggam maupun tas selempang, sehingga kamu bisa menciptakan tampilan yang berbeda untuk acara berbeda.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/Antara