Advertisement

KOMUNITAS: Bergembira Bersama Daihatsu Xenia Indonesia Club

Lajeng Padmaratri
Senin, 12 November 2018 - 10:35 WIB
Maya Herawati
KOMUNITAS: Bergembira Bersama Daihatsu Xenia Indonesia Club Anggota DXIC saat ikut Jambore Nasional - ist/DXIC

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Para pengguna mobil Daihatsu Xenia dari berbagai daerah yang tergabung dalam komunitas virtual Daihatsu Xenia Indonesia Club (DXIC) menyelenggarakan Jambore Nasional DXIC. Jambore nasional ini merupakan yang pertama setelah deklarasi komunitas mereka pada 2014.

Awalnya Istiyanto sebagai salah seorang pengguna mobil Daihatsu Xenia sejak 2013. Merasa membutuhkan sebuah wadah yang bisa mempertemukannya dengan pengguna kendaraan serupa, ia kemudian mengajak kawan-kawannya sesama pengguna Daihatsu Xenia untuk mendirikan sebuah klub yang berkedudukan di Jakarta. Laki-laki yang akrab disapa Iyan ini kemudian membuat grup di Facebook pada 2014.

Advertisement

"Konsep kami sangat sederhana, enggak muluk-muluk. Kami pakai mobil keluarga jadi kami enggak perlu yang megah, yang penting kami bisa menikmati dan saling kenal," kata Iyan kepada Harian Jogja saat Jambore Nasional DXIC yang diselenggarakan di Sindu Kusuma Edupark, Sleman, pada Minggu (4/11). 

Deklarasi pertama yang dilakukannya bahkan terbilang sederhana di sebuah rest area di Cibubur.

Kini setelah empat tahun lebih, antusias pengguna Daihatsu Xenia untuk bergabung ke dalam klub meroket. Grup virtual tersebut sudah memiliki anggota sebanyak 23.000. Di sana mereka bisa saling berbagi seputar dunia otomotif.

"Awalnya kami sharing tentang otomotif dan keluhan Xenia. Sampai ada orang yang tadinya tidak tahu cara buka ban itu seperti apa, sekarang sudah jago. Saling berbagi pengalaman. Bila ada trouble di jalan atau ada emergency, kami bisa menanganinya," tutur laki-laki yang tinggal di Jakarta ini.

Setelah sering saling berbagi pengalaman, kemudian beberapa orang di region tertentu juga mengadakan kopi darat sebagai ajang silaturahmi antar anggota. Ia tak menampik ada perbedaan kegiatan di region tergantung karakteristik daerah masing-masing.

"Ada yang kopdar dari rumah ke rumah, ada yang kopdar ngoprek [modifikasi] terus, ada juga yang melakukan kegiatan sosial," katanya.

Iyan menyebutkan setidaknya ada beberapa kegiatan yang kerap dilakukan bersama di klub ini. Ia mengaku tidak melarang hobi setiap member. Ada yang hobinya offroad, drag, slalom, modifikasi, hingga audio. "Pernah juga ikut battle saat kontes Daihatsu," katanya.

Untuk menyatukan pengguna Xenia dari berbagai daerah DXIC lalu mengadakan Jambore Nasional. Pada jambore yang baru pertama kali diadakan ini, Kota Jogja terpilih menjadi titik kumpul dengan alasan lokasinya yang dianggap di tengah-tengah untuk region-region lain. "Nanti kami gantian. Dulu pas HUT pertama di Tegal. Supaya regional bisa regenerasi," jelasnya.

Tak hanya sebagai ajang silaturahmi, jambore nasional ini juga diisi dengan beberapa lomba, salah satunya ialah lomba menarik mobil. "Seru itu, mobil Daihatsu Xenia dibikin jadi mobil offroad lalu buat narik," ujar dia.

Kerap Ditiru

Iyan menambahkan konsep klub pengguna mobil jenis MPV ini bahkan sering diadaptasi klub lain. "Di DXIC itu kan animonya tinggi dan cepat. Meskipun ada kendalanya, itu juga sudah kami antisipasi. Tapi alhamdulillah-nya DXIC masih eksis," katanya.

Ia menambahkan setiap harinya ada setidaknya lebih dari empat anggota baru yang mengajukan permohonan bergabung ke grup Facebook DXIC. Ia terbuka untuk anggota baru, tetapi ia mengaku agak membatasi aturan posting dalam grup tersebut supaya meminimalisasi konten negatif.

DXIC bahkan memiliki aplikasi tersendiri untuk mengontrol identitas anggota. "Kami satu-satunya klub yang punya aplikasi seperti ini. Ini bisa di-install via Playstore. Aplikasi DXIC Id bisa digunakan bila kami ketemu member di jalan, ada nomor polisi berapa, kita bisa cari tahu ini pemiliknya siapa. Tinggal kita klik id-nya, bisa tampil," jelasnya.

Ia juga tak menampik kemungkinan jika ada pengguna yang terlibat masalah di jalan, pengguna lain bisa mencari tahu identitas pengguna lewat aplikasi tersebut. Bahkan, jika sesama pengguna saling menghidupkan fitur GPS di ponsel mereka ketika menggendarai Daihatsu Xenia, maka bisa diketahui lokasi satu sama lain.

Iyan mengaku dari pihak Daihatsu Xenia sangat mendukung keberadaan DXIC. "Bukan berbentuk uang, karena bukan itu yang kami cari. Mereka sering kasih info bazar sparepart dan doorprize untuk acara," jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada 2024, KPU Jogja Gandeng Disdukcapil Memastikan Akurasi Data Pemilih

Jogja
| Kamis, 18 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Kasus Pengemudi Arogan Mengaku Adik Jenderal Kini Diusut Bareskrim

News
| Kamis, 18 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement