Advertisement

Daun Jambu Biji Mampu Obati Diabetes dan Bantu Kendalikan Gejalanya

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Jum'at, 16 November 2018 - 09:35 WIB
Maya Herawati
Daun Jambu Biji Mampu Obati Diabetes dan Bantu Kendalikan Gejalanya Ilustrasi Diabetes Melitus - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Diabetes adalah salah satu kondisi kesehatan yang dapat terjadi karena banyak faktor seperti faktor keturunan, gaya hidup yang tidak sehat dan juga oleh kelahiran.

Diabetes dapat didefinisikan sebagai penyakit metabolik di mana gula darah dalam tubuh menjadi sangat tinggi, karena ketidakseimbangan hormon insulin. Ada banyak jenis diabetes, berdasarkan gejala dan juga kelompok orang yang menderitanya.

Advertisement

Diabetes tipe 1 adalah ketika pankreas Anda memproduksi insulin yang sangat sedikit atau tanpa insulin sama sekali.

Sedangkan, Diabetes tipe 2 adalah ketika tubuh Anda tidak dapat memproses gula, menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Gestational diabetes adalah gejala diabetes sementara yang biasanya diidap oleh beberapa wanita hamil, sedangkan diabetes juvenile dapat mempengaruhi anak-anak.

Gejala diabetes biasa menunjukkan rasa haus yang berlebihan, kelelahan kronis, sering buang air kecil, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, penglihatan kabur, kapasitas penyembuhan luka yang lambat, kehilangan libido, dan lain-lain.

Belum ditemukan pengobatan untuk Diabetes secara permanen. Sampai saat ini pengobatan diabetes terbatas pada gelajanya, di mana gejala-gejala di atas yang dapat diobati atau dikurangi dengan bantuan obat-obatan, pengobatan alami, dan perubahan gaya hidup yang sehat.

Dilansir dari Boldsky, baru-baru ini sebuah penelitian menemukan fakta bahwa daun jambu biji memiliki kemampuan untuk mengobati penderita diabetes dan membantu mereka mengendalikan gejalanya.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition & Metabolism mengemukakan bahwa daun jambu biji dapat mengobati diabetes dengan mengurangi kadar gula darah. Hasil dari penelitian tersebut menjelaskan bahwa daun jambu biji dapat mengurangi aksi enzim yang dikenal sebagai alpha-glucosidase, yang bertanggung jawab untuk mengubah makanan menjadi glukosa dalam darah, sehingga mengurangi kadar gula darah.

Mengkonsumsi daun jambu biji atau ekstrak daun jambu biji bersama dengan setiap makanan yang Anda konsumsi tiap hari dikatakan dapat membantu mengurangi kadar gula darah yang meningkat setelah mengonsumsi makanan.

Obat dari daun jambu biji untuk mengobati diabetes tidak memiliki efek samping. Namun, Anda harus mendapatkan izin dari Dokter Anda untuk mengonsumsi obat ini karena Anda tidak boleh semena-mena mengentikan konsumsi obat diabetes yang dianjurkan oleh dokter Anda.

Bagaimana cara membuat ramuannya? Siapkan 4-5 daun jambu biji. Cuci sampai bersih dan rebus dengan air dalam panci selama lima menit. Lalu saring airnya dan minum air rebusan daun jambu biji sehabis Anda makan.

Bagi perempuan yang sedang hamil dan terkena diabetes, disarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum meninum ramuan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/boldsky.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement