Advertisement

Pepaya Ternyata Bisa Bantu Hilangkan Jerawat

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Minggu, 18 November 2018 - 10:35 WIB
Maya Herawati
Pepaya Ternyata Bisa Bantu Hilangkan Jerawat Pepaya - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Jerawat memang menjadi kompleksitas tersendiri bagi tiap diri perempuan. Jerawat muncul dapat disebabkan karena pori-pori tersumbat, minyak berlebih, polusi dan sebagainya.

Jerawat dapat bersarang di wajah, dada, leher, dan bagian tubuh lainnya. Jerawat juga dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormon, kebersihan tubuh yang tidak dijaga dan alasan lainnya.

Advertisement

Berbagai macam produk kecantikan juga tersedia di pasaran untuk mengobati jerawat. Akan tetapi, Anda juga dapat mencoba cara alami yang tidak hanya efektif menghemat biaya tetapi aman untuk kulit jika digunakan secara teratur.

Nah, kini kita akan mengulas tentang pengobatan jerawat menggunakan pepaya. Anda mungkin sudah tahu bahwa kandungan dalam pepaya dapat menghasilkan keajaiban pada kulit Anda

Sifat anti-inflamasi pepaya dapat membantu mengobati jerawat dengan mengurangi kemerahan dan peradangan. Pepaya juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit.

Dilansir dari Boldsky, berikut adalah cara agar pepaya dapat digunakan untuk mengobati jerawat dengan mudah dan efektif;

  1. Pepaya dan Madu

Menggunakan madu mentah akan membunuh bakteri penyebab jerawat. Perpaduan ini juga akan melembabkan kulit.

Caranya kupas setengah buah pepaya dan potong kecil-kecil. Blender pepaya dan madu hingga mengental seperti pasta. Oleskan pasta yang dihasilkan

Oleskan pasta ini baik di seluruh wajah atau hanya daerah yang ada jerawatnya. Diamkan selama sekitar 40-45 menit. Setelah 45 menit Anda dapat mencucinya menggunakan air biasa. Ulangi metode ini setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Pepaya dan Cuka Apel

Cuka sari apel dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit dan itu bisa mengobati peradangan pada kulit.

Caranya, hancurkan pepaya matang tambahkan air dan cuka apel dengan jumlah tuangan yang sama. Lalu campurkan semua bahan hingga mengental seperti pasta.

Kemudian, gunakan handuk kecil atau tissue dan celupkan ke dalam air hangat. Peras, lalu letakkan di wajah Anda selama beberapa menit. Oleskan pasta hasil campuran tersebut di atas handuk secara merata dan biarkan sampai kering. Setelah kering, bilas wajah Anda dan keringkan dengan handuk wajah.

  1. Pepaya dan Jeruk

Oranye bertindak sebagai astringen alami yang membantu mengendalikan kelebihan minyak yang dihasilkan pada kulit.

Yang Anda butuhkan untuk ini adalah 2 sendok makan pasta pepaya dan satu sendok jus jeruk. Campurkan atau tumbuk pepaya untuk membuat pasta halus. Tambahkan jus jeruk ke dalamnya dan campurkan dengan merata. Lalu oleskan di wajah Anda. Diamkan selama 20 menit. Bilas setelah 20 menit. Anda dapat menggunakan metode ini setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Pepaya Matang dan Bubuk Kayu Cendana

Kandungan kayu cendana dapat bertindak sebagai eksfoliator yang sangat baik untuk mendetoksifikasi kulit.

Anda perlu menyiapkan buah pepaya matang lalu potong setengah bagian menjadi potongan kecil. Larutkan ke blender dan jangan lupa tambahkan satu sendok teh bubuk cendana dan madu ke dalam blender. Oleskan pada area wajah yang terkena jerawat dan diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya menggunakan air biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/boldsky.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bantah Ada Kisruh Internal Soal Penetapan Caleg Terpilih, PDI Perjuangan Sleman: Kami Solid

Sleman
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement